ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mendapatkan minute play yang banyak pasti jadi idaman semua pemain basket. Sebab, artinya pelatih mempercayai kalian sebagai pilihan utama di lapangan. Eits, tapi biar bisa dapat waktu bermain lebih, apalagi bisa sampai empat kuarter penuh, kalian harus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental.

Nah, soal fisik ini paling tidak ada lima faktor yang mesti dipersiapkan, salah satunya adalah soal stamina. Bicara faktor stamina, tim DBL Play punya tiga rekomendasi olahraga yang bisa bantu meningkatkan stamina kalian. Apa aja jenis olahraganya? Check this out gengs!

1. Lari

Olahraga ini udah pasti ngebantu kalian buat tingkatin stamina selain juga membakar kalori di dalam tubuh. Tapi, baiknya jangan asal lari. Kalian harus set goals dulu, biar efektif dalam meningkatkan stamina. Nah, dikutip dari runtastic.com konsistensi jadi hal utama jika ingin mencapai target.

Biar sederhana, kalian bisa bagi goals kalian dalam tiga bagian. Pertama lari 30 menit dengan kecepatan konstan tanpa jeda. Lakukan tiga kali dalam seminggu selama satu bulan. Kedua, coba tingkatkan durasi dan kecepatan. Untuk waktu tetap konsisten di tiga kali dalam seminggu.

Dan ketiga jika badan kalian sudah terbiasa, mulai tingkatkan kecepatan, durasi, atau coba track baru yang lebih menantang. Oh iya, untuk target di ultimate goals ini kalian juga bisa menaikkan target sebesar 20 persen dari dua goals sebelumnya.

2. Gowes Sepeda

Biarpun cenderung lebih santai ketimbang lari, gowes juga bisa menigkatkan stamina kalian loh. Nggak jauh berbeda dari lari, karena konsistensi adalah kunci, kalian juga disarankan menerapkan goals biar tujuan tercapai.

Nah, untuk gowes, goals pertama kalian bisa coba lakukan bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan konstan 95 rpm. Lakukan secara rutin selama 4 sampai 5 kali dalam seminggu dalam dua bulan pertama.

Setelah itu, untuk goals kedua kalian bisa tambah durasi dan kecepatan sebanyak 20 persen dari bulan sebelumnya. Begitupun dengan waktunya bisa ditambah menjadi 5 sampai 6 kali dalam seminggu.

Dan goals ketiga atau tiap bulan berikutnya, tambah lagi target sebesar 20 persen. Boleh juga ganti track yang lebih menantang lainnya.

Baca Juga: Wow! Ternyata “Main Sepeda” Bisa Tingkatin Performa Basket Kalian di Lapangan Loh

3. HIIT & HIFT

And last but not least, ada HIIT (High Intensity Interval Training) & HIFT (High Intensity Functional Training). Dua olahraga ini banyak jenisnya lagi. Bisa dengan workout di rumah ataupun menggunakan alat bantu seperti beban tambahan.

Untuk HIIT dan HIFT ini kalian bisa set goals pertama yaitu dengan melakukan 7 menit HIIT untuk bodyweight dan juga diiselingi dengan gerakan HIFT yang dilakukan selama 4 sampai 5 kali dalam seminggu, konsisten selama 1 bulan

Lalu untuk goals kedua kalian bisa naikan intensitas waktu jadi lebih lama. Yaitu 15 menit HIIT, diselingi dengan HIFT, boleh menggunakan tambahan beban dan dilakukan dalam 4 sampai 5 minggu seminggu. Jika badan kalian sudah terbiasa, di goals ketiga ini bisa kalian tambahkan waktu berolahraga selam 30 menit HIIT dan HIFT. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS