ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pick and roll merupakan salah satu gerakan ketika tim sedang melakukan offense. Ketika melakukan pick and roll, komunikasi antar pemain harus saling dijaga. Secara posisi baik picker maupun point guard harus benar, supaya nggak terjadi ­miss komunikasi dan mengakibatkan turnover.

Nah, pada episode terbaru Tricky Tricks, coach Dimaz Muharri bersama dua alumni DBL yaitu Savira Alifa dan Zefanya Angelina memberikan trik supaya pick and roll bisa berjalan dengan baik. Coach Dimaz menyampaikan hal kunci terpenting ketika pick and roll ada pada point guard.

Sebab, ketika sedang menguasai bola, point guard harus pandai membaca situasi. Dia juga mesti mengarahkan bola ke arah picker. Tujuannya adalah biar si defender bisa terkena screen dari si picker. Nah, nggak sampai disitu, ketika si defender sudah dijaga, kembali lagi point guard harus bisa ambil keputusan.

Karena itu coach Dimaz menegaskan si point guard harus memiliki ball handling yang baik dalam situasi ini. “Jangan berhenti dribble, kamu (point guard) bisa passing ke big man di dalam paint area atau drive ke dalam area,” ucap coach Dimaz.

Nggak jauh berbeda, Zefanya juga menyampaikan, posisi point guard memang jadi kunci di setiap aliran bola. Karena itu, jangan sampai kena trap ketika pick and roll. “Bola yang kita pegang jangan sampai mati, salah langkah kena double team bisa panik, makanya ball handling penting banget,” timpal Anya.

Yaps, buat lebih jelasnya, kalian bisa tonton Tricky Tricks episode Penting! Kuasai Ball Handling Saat Lakukan Pick And Roll - Tricky Trick With Savira & Zefanya di bawah ini! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)