ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ilustrasi vaksin Covid-19

Gencarnya vaksinasi ternyata cukup berpengaruh dengan kondisi pandemi. Itu dibuktikan dengan mulai melandainya angka penularan Covid-19 di Indonesia. Dikutip dari Instagram resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (@dkijakarta), data per 9 September 2021, capaian vaksin di ibu kota sudah mencapai 111,9 persen untuk dosis pertama dan 73,7 persen untuk dosis kedua. 

Sementara, secara keseluruhan di Indonesia, sudah ada di angka 33,5 persen untuk vaksin dosis pertama dan 19,2 persen untuk dosis kedua. Pemberian vaksin ini juga sudah mencakup usia 12-17 tahun, 18-59 tahun, serta lansia 60 tahun ke atas.

Selain demi kesehatan, vaksinasi juga jadi salah satu syarat wajib agar kalian bisa berlaga di Honda DBL 2021-2022 yang berlangsung Oktober mendatang loh. Nah, berkaitan dengan itu, buat kalian yang baru dapat dosis vaksin, kalian juga wajib tahu ini hal apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan setelah melakukan vaksinasi. Dilansir dari halaman resmi UNICEF, berikut ini do’s and dont’s setelah kalian divaksin. (*) 

DO!

Minum Banyak Air

Menjaga kandungan air di dalam tubuh merupakan hal penting. Biasanya, setelah vaksin ada efek seperti nyeri otot, sakit kepala, ataupun demam Oleh sebab itu, konsumsi air yang cukup bisa membantu kalian agar kalian nggak dehidrasi dan bisa merasa kehausan.

Konsumsi Makan Seimbang

Makanan seperti sayuran hijau, kunyit, dan bawang putih ternyata bisa digolongkan sebagai makanan yang super loh. Soalnya, jenis makanan tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh dalam tubuh kalian. Selain itu, tetap konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Tidur 7 Hingga 8 Jam

Ketika kalian dalam pengaruh vaksin, tubuh kalian sangat bergantung pada respons imun agar membantu mengembangkan proteksi dalam tubuh. Untuk itu, orang yang baru divaksinasi harus menjaga waktu tidurnya, setidaknya selama 7-8 jam. Sebab, ketika tidur cukup tubuh dapat membangun mekanisme proteksi dalam tubuh.

Tetap Berolahraga

Olahraga mendukung sirkulasi darah yang dapat membantu mengurangi efek samping vaksin. Disarankan untuk melakukan olahraga ringan, agar tubuh tetap bergerak. Misalnya sekedar jalan-jalan ataupun jogging santai. 

DONT’S!

Jangan Berpikir Kebal Covid-19

Hati-hati hal ini suka bikin keliru. Karena ketika kalian mendapatkan vaksin, bukan berarti kalian kebal 100 persen terhadap Covid-19 ini. Vaksin ini melindungi kalian dari serangan gejala berat ataupun meminimalisir penularan. Jadi, tetap ikuti protokol kesehatan yang ketat, dengan menerpakan JaJaCuTaPaMa (Jaga Jarak, Cuci Tangan, Pakai Masker).

Jangan Ragu Konsultasi dengan Dokter

Kalau kalian masih bingung soal vaksin, jangan ragu buat konsultasi dengan dokter. Ingat juga kalau vaksinasi ini juga punya dampak seperti nyeri ataupun merasa kelelahan. Konsultasikan juga ke dokter kalian, jika ada efek samping yang parah atau gejalanya tidak mereda.

Jangan Lewatkan Interval Dosis

Beberapa vaksin memiliki jeda interval yang berbeda antara dosis pertama dan dosis kedua. Oleh karena itu, jangan sampai kalian kelupaan. Namun, setidaknya ada jeda selama 28 hari antara vaksin Covid-19 ini dengan vaksin selain Covid-19 yang diperlukan.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)