ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Angga Muhammad (tengah) saat menjadi pelatih SMA Al-Maruf di Honda DBL 2021 DKI Jakarta Series

Rutin latihan dan jaga pola hidup sehat jadi hal yang wajib untuk student athlete. Selain untuk menjaga agar performa di lapangan tetap prima, hal ini juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Terlebih, untuk para student athlete yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan ini. Coach Angga Muhammad, pelatih SMA Al-Maruf, memberikan tips untuk menjaga pola makan sehat dan beraktivitas saat Bulan Ramadan biar tubuh tetap fit dan tidak gampang capek.  

Makan yang Cukup dan Bergizi

Kadang, banyak orang yang sering makan berlebihan saat sahur supaya kuat sampai buka puasa. Eits, ternyata ini nggak baik lho buat tubuh. Apalagi, kalau menu makannya kebanyakan karbohidrat dan rendah protein. Menurut coach Angga, yang seharusnya dikonsumsi lebih banyak adalah air mineral dan buah-buahan. “Ketika sahur, makan saja yang cukup. Paling utama banyak makan buah dan juga minum air putih,” katanya.

Jangan Istirahat Berlebihan

“Untuk istirahat jangan sampai berlebihan, biasanya kan ada orang habis sahur langsung tidur dan bangun siang. Itu harus dihindari,” lanjut coach Angga. Seringkali ketika sahur, kita langsung tidur sampai siang nggak, sih? Hmm..itu nggak baik juga lho. Malah, bisa mengganggu pencernaan dan memicu timbulnya masalah kesehatan lain. Idealnya, kita boleh tidur 3 jam setelah selesai makan.

Latihan Sebelum Buka Puasa

Bulan Ramadan bukan jadi alasan buat kamu setop latihan, lho! Justru ini momen yang bagus buat kamu untuk membentuk tubuh dan menjaga stamina saat berlaga di lapangan nanti. Menurut coach Angga, waktu yang tepat untuk latihan adalah jam 4 sore sebelum waktu berbuka puasa. “Latihannya bisa melakukan skipping atau jogging. Serta perbanyak individual skill dan pertajam akurasi tembakan,” timpalnya.

Jangan Kalap Saat Berbuka

Nah, ini bagian pentingnya. Ketika sudah berpuasa seharian penuh, kita pasti ingin ‘balas dendam’ saat buka puasa. Jadi, segala jenis takjil langsung dilahap dan makan sampai kekenyangan atau berlebihan. Itu mesti dihindari juga, ya. Kata coach Angga, “untuk saat berbuka puasa jangan berlebihan, dengan secukupnya saja,”. Sebab, berbuka puasa dengan berlebihan juga dapat memicu masalah pencernaan. Baiknya, berbuka dengan air hangat, buah-buahan, dan makanan yang tinggi protein. Ini dimaksud untuk mengganti cairan di tubuh yang terkuras saat berpuasa. Apalagi, kalau kamu latihan sebelum buka puasa. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY