ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putra Smariduta memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih

MALANG - SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung menjadi salah satu sekolah yang paling disegani di Honda DBL East Java Series 2019-South Region. Mereka termasuk tim yang perkasa di sektor putra, dan putri. Dukungan penuh dari pihak sekolah menjadi kunci kehebatan mereka.

Smariduta, begitu mereka biasa disebut. Tim ini berasal salah satu kabupaten di selatan Jawa Timur (Jatim), Tulungagung. Meski tidak berbasis di daerah perkotaan, mereka dikenal sebagai tim kuat di galaksi basket antarsekolah di Jatim.

Pada Honda DBL East Java Series 2019-South Region ini misalnya. Mereka menjadi sekolah pertama yang meloloskan tim putra, dan putrinya ke babak playoffs. Tim putri lolos terlebih dulu. Tiga hari berselang, tim putra menyusul ke playoffs.

Smariduta memang luar biasa. Pada tahun lalu, tim putra, dan putri menembus final East Java Serius. Sayang, mereka belum beruntung untuk membawa pulang gelar juara ke Tulungagung. Meski demikian, predikat tim terbaik kedua tim Jatim bukan hal remeh.

Mereka kembali pada musim ini dengan persiapan lebih matang. Target juara pun sudah dipasang sejak masa persiapan. Mereka tak ingin tergelincir lagi. Oleh karena itu, Smariduta akan bekerja keras di setiap laga.

Manajer tim putra Smariduta, Kusmiatin mengatakan, prestasi mereka torehkan tak lepas dari dukungan penuh sekolah terhadap basket. Bahkan, sekolah membuka jalur penerimaan siswa lewat prestasi olahraga, termasuk basket.

“Untuk siswa basket, kami berikan privilege. Mereka diperbolehkan berlatih sebelum jam pelajaran dimulai. Latihan kemudian dilanjutkan selepas sekolah,” ucap Kusmiatin, Minggu (8/9) siang.

Selain itu, tim basket Smariduta terbentuk dari hasil seleksi ketat oleh tim pelatih. Mereka juga memperbanyak uji tanding. Sehingga terbentuk lah sebuah tim yang kompetitif, dan memiliki ambisi untuk menjadi yang terbaik di Jatim.

“Kami lebih banyak mengikuti kompetisi di Malang atau Surabaya. Hampir sepuluh kompetisi sudah kami ikuti sebagai persiapan menuju DBL,” sebut pelatih tim putra Smariduta, Akhmad Qusnazin.

Baca juga: 

Smariduta Hebat! Jadi Tim Putra Pertama yang Lolos Playoffs dan Putri Smariduta Amankan Tiket Playoffs

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY