ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Jika mengikuti kompetisi DBL Surabaya sejak musim 2019, tentunya tidak asing dengan judul di atas. Yap, secara mengejutkan sejak saat itu hingga musim lalu basket putra Smada (sebutan SMAN 2 Surabaya) konsisten untuk menapaki tangga juara.

Sudah puluhan laga telah dimainkan oleh teman-teman basket putra Smada sejak musim 2019. Dan mereka selalu tampil di partai pamungkas, final. Performa yang perlahan meningkat dan selalu konsisten tersebut jelas tidak dibangun dalam satu malam. Mengingat pemain-pemain silih berganti karena telah menamatkan masa SMA.

Jajaran pelatih dan SMAN 2 Surabaya juga bersinergi demi menjaga konsistensi Smada Surabaya berada di peta perebutan gelar juara. Betul. Selama tiga musim ini Smada selalu menjadi runner up DBL Surabaya dan East Java Series.

Setidaknya itu adalah pencapaian yang luar biasa mengingat persaingan di DBL Surabaya begitu ketat dan semua sekolah memiliki peluang yang sama. Bahkan, pencapaian tersebut tidak mudah digapai. Yap, terakhir kali Smada menyapa partai final ada pada tahun 2004! Jelas sudah meskipun gagal menjadi juara, tiga musim beruntun selalu menyapa partai final adalah pencapaian terbaik Smada.

Baca juga: Anniversary ke-73, Kepsek Smada: Pasti Bisa Juara!

Terlepas dari rekam jejak yang gemilang, ada tangan dingin dari Dhimas Aniz, pelatih Smada Surabaya. Sang pelatih ingin membuktikan bahwa sekolah negeri bisa kembali merajai kompetisi basket antarpelajar paling bergengsi ini. “Aku ingin membuktikan bahwa sekolah negeri juga bisa digdaya,” ujar pelatih yang pernah mengikuti DBL Camp tahun 2016,2017, dan 2019.

Yap, keberhasilan Smada selama tiga musim ini tentu tidak dibangun oleh Dhimas Aniz hanya dalam satu malam. Tidak. Barangkali ia juga mendapati batu sandungan, kesulitan dan yang lainnya. Apa yang kita lihat sekarang mungkin saja sisi positifnya saja.

“Saya selalu menekankan ke anak-anak untuk spirit of the game itu harus ada. Paksa untuk lebih tinggi biar ketika di lapangan mereka bisa lebih pede,” ungkap pelatih DBL All-Star 2019.

Cerita serupa juga sedang dibangun oleh coach Ublek (sapaan karib Dhimas Aniz) ke tim cewek SMAN 2 Surabaya. Masih dengan misi yang sama. Membuktikan bahwa sekolah negeri juga bisa juara. Hasilnya? Musim ini coach Ublek berhasil mengulang kisah suksesnya ketika menjadi nahkoda srikandi Smada pada DBL Surabaya tahun 2019. Yap, lolos ke babak playoffs.

 

“Saya baru dua musim (2019 dan 2022) pegang tim cewek Smada. Bisa dibilang hampir semua pemain baru. Tantangannya di situ memang. Tapi yang paling penting itu kita harus punya catatan untuk menjadi modal berharga pada setiap gimnya. Apa saja yang perlu dan segera dievaluasi, kondisi pemain juga harus benar-benar dijaga biar mereka tetap berada di puncak performa,” terangnya.

Baca juga: Tiket Playoff Jadi Kado Manis Ulang Tahun Smada

Betul, mungkin saat ini bukan hanya tim putra Smada saja yang menapaki lajur konsisten menang dan menyapa partai puncak. Tim putri mereka juga sedang mengarah ke sana. Mungkin tidak untuk musim ini. Bisa jadi dua musim lagi, tiga musim lagi atau bahkan musim depan! 

Terlepas dari itu, tidak ada yang instan dari kisah sukses sebuah tim yang berlaga di kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024. Semua tim memiliki peluang yang sama. Kemauan untuk belajar, kemauan untuk mengakui masih ada yang kurang, dan kesabaran hati rasanya menjadi kunci di balik kesuksesan sebuah tim.

Basket Smada adalah contoh dari tagar yang diusung teman-teman dari DBL Indonesia musim ini. Yap, Semua Bisa. Selamat melenggang ke playoffs teman-teman Smada Surabaya! Sampai berjumpa di laga-laga krusial bertajuk menang atau pulang! Selamat meramu strategi jitu kembali, coach Ublek!

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil sekolah ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap). 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY