ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kepala Sekolah Smala Sukirin Wiranto (empat dari kiri) bersorak saat tim kebanggaannya berhasil lolos ke Big Eight.

Buzzer berbunyi di akhir laga tim putra SMKN 2 Surabaya vs SMAN 5 Surabaya, Sabtu malam 19 Agustus 2023. Laga do or die itu memperebutkan tiket ke Big Eight.

Smala menang. Mereka menghentikan langkah apik SMKN 2 Surabaya di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region. Skor 23-25 untuk Smala.

Suporter Smala, yang biasa disapa Fiveouria, berteriak histeris. Wajar, sepanjang pertandingan mereka disuguhkan ketatnya pertandingan.

Teriakan histeris itu termasuk datang dari sang Kepala Sekolah, Sukirin Wiranto.

Pak Kirin, begitu ia biasa disapa, memang rajin nonton anak asuhnya tanding. Sejak awal tim putra dan putri bertanding, lebih-lebih jika di akhir pekan.

"Saya asal tidak ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan, saya usahakan bersama anak-anak," ucap Pak Kirin.

Pak Kirin selalu ingin dekat dengan para siswanya. Misalnya saja ketika ia hadir di opening party, 21 Juli 2023 lalu. Saat itu para tamu termasuk kepala sekolah diarahkan menuju lantai 3 DBL Arena, bersama tamu-tamu VVIP lainnya. Tapi Pak Kirin menolak halus.

"Saya ingin melihat anak-anak dari dekat," ucap Pak Kirin saat itu.

Kemarin Pak Kirin juga kembali datang. Ia menggunakan kaus kebesaran Fiveouria. Kuning menyala. Ia duduk di bangku VIP yang persis ada di pinggir lapangan.

Pak Kirin terlihat begitu tegang saat timnya berusaha menyalip poin yang didapat Smekda. Smekda memang sempat unggu di laga itu.

Begitu buzzer berbunyi dan kemenangan didapat Smala, Pak Kirin mengucap syukur. Dari kejauhan ia mengusah wajah dengan kedua tangannya.

"Kami semua layak bersyukur dengan hasil ini. Mainnya anak-anak luar biasa. Walaupun di babak awal kami tertinggal, tapi dengan mental baja anak-anak bisa memberikan yang terbaik," ucapnya. 


Pak Kirin (tengah dengan kaus dimasukan ke dalam celana) foto bersama guru dan tim basket Smala usai memenangkan laga lawan SMKN 2 Surabaya dan melaju ke Big Eight, Sabtu 19 Agustus 2023.

Baca juga: Menang Tipis 25-23 atas Smekda, Smala Jumpa Gloria 1 di Big Eight!

Ditanya mengenai dukungannya yang hampir selalu datang di laga-laga Smala, Pak Kirin punya alasan khusus.

Ia menyebut apa yang dilakukannya merupakan bentuk dukungan terhadap kegiatan non akademis yang senantiasa turut dikembangkan. 

"Sebagai Kepsek tentu saya harus membuktikan ke masyarakat jika kami di Smala tak hanya mendukung dari sisi akademis saja, namun kegiatan non akademis," terangnya.

Selain itu, ia menyebut di Smala juga terdapat program One Student One Talent. Program itu memberikan reward kepada murid maupun guru yang beprestasi sesuai tingkatan prestasinya. 

"Adanya program itu sebagai bukti jika di Smala setiap prestasi itu dihargai," tegasnya. 


Raut kebahagiaan terpancar di wajah para penggawa Smala ketika lolos ke Big Eight, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Baca juga: Link Live Streaming: Kesempatan Terakhir Menuju Big Eight

Dengan keberhasilan lolos ke Big Eight, Pak Kirin berjanji akan terus memberi dukungan semaksimal mungkin. Ia bersama guru dan perangkat Smala lainnya siap memberikan kehebohan lagi di gim selanjutnya.

Pak Kirin bahkan menyatakan siap mengerahkan muridnya lebih banyak lagi ke DBL demi mendukung tim basket kebanggaan. 

Di akhir wawancara, ia berpesan kepada para penggawa Smala agar jangan pantang menyerah. Serta tak melupakan kewajibannya untuk belajar di sela-sela berlatih. 

"Buat laga berikutnya menghadapi Gloria 1, tak perlu khawatir berfikir lawannya siapa. Yang terpenting kami menyiapkan diri sendiri dulu lebih baik dari hari ini," tutupnya.

Smala menjadi salah satu tim yang akan melakoni babak Big Eight di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil SMAN 5 Surabaya bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap).

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY