ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sedikit mengenang gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series yang berlangsung sejak 2 hingga 8 November 2023 lalu. Seluruh 16 finalis dari masing-masing wilayahnya telah mengerahkan perjuangan terbaik mereka di babak genting DBL Jakarta ini.

Namun, suka atau tidak suka, mereka harus tersisih dari persaingan untuk memperebutkan posisi final DBL Jakarta. Nantinya, Final DBL Jakarta sendiri bakal berlangsung di Indonesia Arena pada 17 November 2023.

Jika membicarakan tentang perwakilan dari masing-masing wilayah, apresiasi tinggi wajib diberikan untuk North & Central Region atau wilayah Jakarta Utara-Pusat. Pasalnya, mereka berhasil mengirim dua wakilnya, tim putra dan putri SMA Jubilee Jakarta ke Final DBL Jakarta.

Baca juga: Sapta Eka Jadi Wakil Timur yang Bertahan di DBL Jakarta Championship Series!

Namun, perjuangan besar dari tim di wilayah lain juga patut diberikan kredit lebih. Salah satunya adalah SMAN 71 Jakarta dari East Region atau Jakarta Timur. Lantas, mengapa?

Sapta Eka (sebutan SMAN 71 Jakarta) menjadi satu-satunya wakil dari Jakarta Timur yang berhasil bertahan jauh di babak Championship Series. Mengalahkan tim-tim besar dari wilayah lain.

Perjuangan Perdana Sapta Eka

Jakarta Timur mengirim tim putri SMAN 71 Jakarta, SMAN 21 Jakarta, serta tim putra SMAN 71 Jakarta dan SMAN 91 Jakarta ke babak Championship Series. Ya, dua tim Sapta Eka lolos ke Championship Series setelah sebelumnya berhasil kawin gelar di DBL Jakarta Timur.

Perjalanan awal Sapta Eka sendiri bermula ketika hasil drawing DBL Jakarta Championship Series keluar. Putri Sapta Eka menempati bagan posisi kiri. Bersama SMA Jubilee Jakarta, SMAN 3 Jakarta, dan SMA Dian Harapan.

Baca juga: Hasil Drawing DBL Jakarta Championship Series: Rebutkan Final di Indonesia Arena

Sementara putra Sapta Eka menempati bagan kiri bersama SMAN 47 Jakarta, SMA Jubilee Jakarta, dan SMA IPEKA Puri Jakarta.

Di laga perdana mereka, putri Sapta Eka berhasil menang meyakinkan atas SMA Dian Harapan dengan skor akhir 47-9. Namun, mereka harus kandas dan turun bagan ke lower bracket setelah kalah dari SMA Jubilee Jakarta di pertandingan berikutnya.

Hal yang berbeda terjadi di sisi putra. Penggawa putra Sapta Eka harus rela turun bagan lebih dahulu setelah kalah dari SMA IPEKA Puri di pertandingan pertamanya. 

Baca juga: Sapta Eka Melaju Atasi Zebaoth, Jaga Asa ke Final di Indonesia Arena

Namun, perjuangan putra Sapta Eka belum berakhir. Mereka berhasil bangkit dari lower bracket setelah menang atas SMAN 47 Jakarta. Di sisi lain, putri Sapta Eka harus pulang lebih awal setelah satu nyawanya berhasil dihabisi oleh SMAN 3 Jakarta.

Tersisa putra Sapta Eka saja yang masih bertahan penghujung DBL Jakarta Championship Series.

Bangkitnya Wilayah Timur di Championship Series

Hari-hari panas harus dilalui tim-tim asal Jakarta Timur. Satu persatu dari mereka harus tersisih dari lingkaran pertandingan. Sebelum tim putri Sapta Eka pulang, ada SMAN 21 Jakarta yang harus angkat koper lebih dini setelah kalah atas SMA 1 PSKD Jakarta di lower bracket.

Kemudian, tim putra SMAN 91 Jakarta juga harus pulang. Mereka terjembab di lower bracket setelah kalah dari SMA Bukit Sion dan merelakan satu nyawanya atas SMA Kolese Kanisius.

Hingga akhirnya, perebutan posisi final saat itu hanya putra Sapta Eka yang menjadi wakil dari wilayah Jakarta Timur. Mereka jadi satu-satunya wakil Timur yang masih bertahan hingga tanggal 7 November 2023 lalu.

Baca juga: Sapta Eka Bangkit dari Lower Bracket dan Kandaskan Ipur!

Perjuangan Sapta Eka ini lah yang patut diberi apresiasi lebih. Sapta Eka berhasil bangkit dari lower bracket. Bahkan, mereka sukses revans atas SMA IPEKA Puri di pertandingan keduanya dengan skor 47-39.

Sayangnya, ketangguhan Jubilee harus meredam Sapta Eka dari perebutan Final DBL Jakarta di penghujung kompetisi. Sapta Eka harus pulang setelah kalah 32-76 atas Jubilee.

Perayaan Timur di Final DBL Jakarta

Meskipun Jakarta Timur belum berhasil mengirim wakilnya di Final DBL Jakarta, seluruh lapisan warga Jakarta masih bisa menikmati partai Final DBL Jakarta. Terbuka untuk umum.

Hal ini lantaran Final DBL Jakarta di Indonesia Arena nanti bukan hanya sekadar pertandingan puncak dari perjalanan panjang DBL Jakarta. Melainkan perayaan untuk seluruh warga Jakarta, untuk seluruh partisipan maupun pecinta basket di Indonesia, untuk seluruh masyarakat Tanah Air.

Baca juga: Tiket Final DBL Jakarta di Indonesia Arena Tambah Kategori, Beli di DBL Play!

Yap. Timur masih punya bagian di DBL Jakarta. Dari wilayah Timur boleh dan sangat bisa menonton dan menikmati Final DBL Jakarta nanti. 

Wilayah Timur bisa merayakan kegigihan dan semangat mereka di Final DBL Jakarta nanti. Timur boleh merayakan kesuksesan mereka menjadi bagian dari perjalanan panjang DBL Jakarta.

Final DBL Jakarta menunggu kehadiran warga Timur di Indonesia Arena pada 17 November 2023 nanti!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY