ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Trust the process.” Begitulah singkat Faldo Payon saat berhasil membawa SMAN 1 Kupang menjuarai Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 East Nusa Tenggara Series. Dedikasi tinggi membuat timnya dinobatkan sebagai penguasa Nusa Tenggara Timur musim ini.

Perjalanan mereka tidak mudah. Butuh banyak kegagalan untuk membawa pulang kembali trofi kemenangan. Bahkan SMAN 1 Kupang (Smansa Kupang) tidak hanya menjadi juara. Namun, juga meruntuhkan dominasi SMAN 3 Kupang (Smantiga) yang sedang mengejar misi four-peat.

Faldo Payon menjadi salah satu sosok ajaib di balik kemenangan Smansa Kupang. Di DBL Kupang 2018, dirinya dinobatkan sebagai Most Valuable Player setelah membawa Smansa Kupang meraih gelar kampiun. 

Baca Juga: Win Streak Smantiga Pecah, Smansa Kupang Jawara DBL Kupang!

Musim ini Faldo kembali memboyong almamaternya menjadi juara. Namun, dengan status kepala pelatih. Hasilnya tak instan. Butuh tiga musim bagi Faldo untuk dapat berada di titik saat ini.

“Berada di fase sekarang bukan hasil dari latihan 1-2 bulan. Ini adalah hasil dari proses dan konsistensi selama 2-3 tahun terakhir. Saya rasa kekalahan yang kami rasakan tahun lalu membuat para pemain sangat termotivasi untuk juara,” jelas Faldo.

“Kami belajar dari kesalahan dengan terus berlatih dan berusaha maksimal. Saya melatih mereka untuk tak bagus dalam skill individu saja, tetapi juga fisik mereka masing-masing. Banyak dukungan orang sekitar juga yang membuat kami kembali bangkit,” imbuhnya.

Champion - SMAN 1 Kupang
Potret SMAN 1 Kupang saat sesi dokumentasi pasca dipastikan sebagai juara DBL Kupang 2023-2024 

Tak banyak bicara. Pria kelahiran 29 Mei 2001 itu benar-benar menepati janjinya. “Sebagai alumni Smansa, saya punya tanggung jawab moral untuk mengembangkan basket di sana. Bagi saya kemenangan adalah bonus dari usaha mereka, yang paling penting fundamental basket dan attitude yang baik,” tegas pria dengan zodiak Gemini itu.

“Lagian saya juga tidak sendiri di sini. Banyak dibantu dengan pelatih senior seperti coach Regy dan coach Putra Lord. Materi kepelatihan yang saya dapatkan pada saat DBL Camp sebagai Coach juga menjadi referensi dalam melatih,” sambungnya.

Baca Juga: Faldo Payon, Dari MVP Hingga Ambisi Harumkan Nama Daerah

Meski telah mengantongi hasil maksimal di DBL Kupang 2023-2024, mimpi Faldo Payon tak terhenti begitu saja. Dirinya ingin hal ini menjadi tradisi untuk Smansa Kupang. “Anugerah Tuhan luar biasa. Rasanya senang, bangga, dan haru bercampur menjadi satu,” katanya.

“Ini adalah hasil dari usaha dan kerja keras, serta komitmen anak-anak dan jajaran pelatih. Saya juga beruntung anak-anak punya mental yang terasah dengan baik dari pengalaman selama ini saat bertemu dengan sekolah-sekolah kuat di luar event DBL,” pungkas Faldo.

Faldo Payon - SMAN 1 Kupang
Faldo Payon (baju hitam) saat mendampingi anak didiknya berlaga

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube Good Day ID. (*)

Profil Faldo Payon bisa dilihat di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap) atau klik di sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY