ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

'King Rama' (Rama Wiweka) suporter dari SMAN 1 Denpasar ketika nribun di Honda DBL with Kopi Good Day.

Tidak ada yang lebih setia dibanding supporter tim basket pada pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day. Mereka selalu hadir di tribun untuk mendukung tim basket kebanggaan sekolahnya bertanding. 

Berkat kehadiran supporter ini, seluruh pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day tak pernah sepi. Tim panitia DBL bahkan harus isi-ulang ratusan hingga ribuan penonton di setiap pertandingan.

Baca juga: Kaleidoskop: Bukan Sembarang FYP!

Tidak hanya itu, rekor penonton pertandingan basket SMA terbanyak juga berhasil dipecahkan oleh DBL Indonesia. Tepat pada pertandingan Final DBL Jakarta di Indonesia Arena pada November 2023 lalu, dihadiri oleh total 12.107 penonton.

Pertandingan-pertandingan lainnya juga tak kalah fantastis. Supporter tidak hanya hadir dan duduk di bangku tribun. Mereka turut menuangkan kreativitasnya dalam mendukung tim basket kebanggaan.

Perempuan Militan di Bangku Tribun

Sepanjang musim Honda DBL with Kopi Good Day, bangku tribun dipastikan tidak pernah sepi. Bangku tribun selalu penuh dengan barisan suporter dari tim basket yang sedang bertanding.

Jika supporter militan selalu identik dengan laki-laki, Honda DBL with Kopi Good Day menunjukan fenomena berbeda. Di tribun DBL musim ini, bangku tribun juga selalu penuh dengan kehadiran perempuan.

Bahkan, tak jarang para perempuan ini unjuk kebolehan dalam memimpin barisan supporter. Beberapa di antaranya juga berperan sebagai capo dan pemain perkusi. 

Tidak hanya itu, beberapa sekolah yang berbasis perempuan juga menunjukan kebolehan mereka di tribun. Di antaranya SMA Santa Ursula Jakarta dan SMA Stela Duce 1 Yogyakarta. Tribun selalu dipenuhi oleh perempuan-perempuan militan ini ketika tim basket mereka bertanding.

Sulap Tribun Jadi Laut Ala One Piece

Anime One Piece, karangan dari Eiichiro Oda, ternyata menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Terutama bagi suporter tim basket di DBL. Terlebih, Monkey D. Luffy (karakter utama) telah mengeluarkan kekuatan terbarunya, Gear 5.

Tidak hanya 'merayakan' kekuatan penuh Gear 5 Luffy di media sosial, ternyata cara unik dan kreatif lainnya juga berhasil dilakukan oleh suporter yang nribun di DBL Arena Surabaya dan GOR Bimasakti Malang. Yups, para suporter turut membentangkan koreo besar di tribun untuk merayakan Gear 5 Luffy.

Baca juga: Kaleidoskop: Tim Dance Don Bosco Banjarmasin Banyak Gaya dengan 5 Kostum!

Deretan suporter yang turut membentangkan koreo dengan karakter tiga jagoan One Piece (Luffy, Zoro, Sanji) itu adalah Nineteen Mania (SMAN 19 Surabaya), Stetsalaa Familia (SMAN 4 Malang), dan Banter Mania (SMAN 1 Sooko Mojokerto).

Ada kisah dan alasan sendiri di balik bentangan besar koreo karakter One Piece di tribun. Bukan soal mengikuti trend, tidak ingin ketinggalan zaman, atau bahkan ikut-ikutan saja.

Anime One Piece yang mengisahkan tentang persahabatan, perjuangan, dan pengorbanan, menjadi filosofis sendiri bagi suporter yang membawakan koreo ini di tribun DBL.

Tidak Ada Alasan, Tutup Panci Jadi Properti Nribun!

Kreativitas supporter sekolah layak diacungi jempol. Keterbatasan properti bukan jadi alasan bagi mereka untuk nribun pertandingan DBL. Terbukti, suporter dari SMA Xin Zhong Surabaya menggunakan tutup panci ketika mereka nribun mendukung tim basketnya.

Meski dengan keterbatasan itu, suporter SMA Xin Zhong tetap meriah di bangku tribun. Bahkan, tak kalah meriah dengan supporter lain yang membawa peralatan perkusi.

Ini membuktikan bahwa keterbatasan tidak menghalangi supporter untuk menuangkan kreativitas mereka di bangku tribun. Fyi, suporter SMA Xin Zhong Surabaya ini jadi satu-satunya suporter yang menggunakan tutup panci sebagai properti nribun, lho.

Maskot Hewan Bikin Tribun Seperti Kebun Binatang!

Lebih dari 70 maskot turut memeriahkan pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day. Maskot ini umumnya hadir sebagai ikon dari tiap sekolah. Menariknya, maskot tiap sekolah mempunyai karakternya masing-masing.

Namun, maskot paling umum di Honda DBL with Kopi Good Day adalah maskot hewan. Ada banyak maskot hewan di DBL musim ini. Mulai dari serangga, unggas, reptil, sampai mamalia laut juga ada lho.

Koreo Pakai Efek 'Negatif'

Kreativitas barisan supporter di DBL begitu di tanpa batas. Mereka bebas mengekspresikan diri hingga ke bangku tribun. Salah satunya adalah Arek Smada (suporter SMAN 2 Surabaya).

Mereka menyuguhkan koreo raksasa yang tidak pernah ada di DBL Arena sebelumnya. Yakni koreo dengan efek negatif. 

Koreo mereka mungkin terlihat biasa saja. Namun, jika para penonton yang hadir melihatnya dengan efek negatif di kamera ponsel, maka koreo tersebut terlihat berbeda. Dan jauh lebih berwarna.

Kamu penasaran, koreo Arek Smada ini bergambar apa? Coba save foto ini dan berikan efek negatif dari aplikasi edit foto di ponselmu!

Joget Ular 'King Rama' Viral di Tiktok

Salah satu kreativitas yang disuguhkan oleh barisan supporter di pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day adalah dengan tarian-tarian unik di bangku tribun. Nah, salah satu supporter yang membuat tarian unik ini adalah suporter SMAN 1 Denpasar.

Tarian unik ini dinamakan Joget Ular dari King Rama. Bahkan, tarian ini sampai viral dan menjadi tren di sosial media Tiktok. Tak sedikit juga konten kreator yang membuat konten Joget Ular dari King Rama ini.

King Rama sendiri merupakan 'nama panggung' dari salah satu siswa SMAN 1 Denpasar, dia adalah Rama Wiweka. Kehadiran King Rama berhasil membuat tribun SMAN 1 Denpasar selalu ramai dan meriah di tribun DBL Bali. Pasalnya, suporter SMAN 1 Denpasar juga kerap mengikuti tariannya yang unik itu.

Jauh? Gak Ngaruh!

Tidak ada alasan untuk tidak datang dan memenuhi bangku tribun Honda DBL with Kopi Good Day. Yap, segala rintangan berhasil dihadapi oleh barisan suporter untuk bisa nribun pertandingan DBL.

Salah satunya adalah barisan suporter SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Ketika timnya berhasil lolos ke babak Championship Series di DBL East Java Series, barisan suporter SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung memutuskan untuk berangkat dari sekolahnya dengan membawa 9 bus.

Tidak hanya itu. Perjalanan panjang selama 6 jam harus mereka tempuh demi bisa unjuk taring di bangku tribun DBL Arena. Jarak tempuh ini menjadi salah satu jarak terjauh yang harus dilalui supporter selama Honda DBL with Kopi Good Day berlangsung.

Hebatnya, mereka juga telah menyiapkan koreo 3D untuk dibentangkan di DBL Arena, lho.

*Kaleidoskop DBL 2023-2024 adalah kumpulan peristiwa atau kejadian selama Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 berlangsung. Lihat ulasan Kaleidoskop DBL 2023-2024 lainnya di halaman ini.

*seluruh data dihimpun oleh tim creative labs, event, dan redaksi DBL Indonesia dari 21 Juli 2023 hingga 3 Februari 2024.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY