ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Christian Andy, pelatih tim putri SMA Jubilee Jakarta, berhasil terpilih menjadi First Team di Honda DBL with Kopi Good Day DBL Jakarta Series. Ini merupakan kali pertama baginya bakal berpartisipasi di Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Keberhasilan Christian menjadi First Team tidak datang begitu saja. Pria yang mengawali kariernya sebagai pelatih basket sebenarnya sudah dimulai sejak 10 tahun lalu. Saat itu, Christian memutuskan menjadi pelatih selepas ia vakum bermain basket.

Ia bergabung ke SMA Jubilee Jakarta di tahun 2019 lalu. Saat itu, Jubilee mengirim tim putranya ke DBL Jakarta. Hanya saja, mereka harus gugur di awal persaingan. Kekalahan itu ternyata menjadi turn back point untuk Jubilee dan Christian pribadi.

Baca juga: Christy Sangkay Kebut Persiapan untuk Kopi Good Day DBL Camp!

Mulai dari sana, tim pelatih, guru, hingga orang tua murid mulai serius membangun program demi kekuatan tim basket Jubilee. Sekolah Jubilee yang berbasis yayasan membuat mereka mulai menerapkan program ini dari pemain-pemain yang duduk di bangku SMP.

Saat itu, tim putra SMA Jubilee masih diperkuat oleh Patrick Barwin dan I Gede M Gelgel. Sementara sisa pemain lainnya, seperti Stephen Sundinata, Kenneth Leebron, dan Hosea Yedija masih duduk di bangku SMP.

"Kita mulai bina mereka dari SMP. Bertahap lah, pelan-pelan kita arahkan. Banyak trial and error, kita coba formula bermain, perbanyak games dan kompetisi. Pokoknya biar mereka mateng di SMP dan bisa kita masukan ke tim saat mereka SMA," ujar Christian.

Soal program regenerasi pemain ini, tim pelatih Jubilee memang tidak main-main. Christian bersama timnya sangat serius dengan membuat materi, mencoba banyak uji tanding, dan menggelar jadwal latihan hampir setiap hari.

Pada 2022, Jubilee kemudian mengirim tim putra dan putrinya di DBL Jakarta. Itu pertama kalinya putri Jubilee berpartisipasi. Hebatnya, mereka langsung lolos ke final. Tim putra Jubilee bahkan berhasil menjadi pemenang di DBL Jakarta, mengalahkan sang juara bertahan SMA Bukit Sion.

Baca juga: Kena Spill Cerita DBL Camp dari Cece, Vieny: Langsung Kebayang Capeknya

"Itu bener-bener pengalaman yang luar biasa. Saat itu saya masih menjadi asisten pelatih di tim putra Jubilee. Saya melihat, akhirnya program ini cukup sukses. Anak-anak mulai berkembang, tim juga mulai bagus," tutur Christian.

Di tahun berikutnya, Christian dipercaya sebagai kepala pelatih tim putri Jubilee. Tahun kedua bagi tim putri Jubilee, mereka juga berhasil mengulang prestasi seperti di tahun lalu. Kembali ke final DBL Jakarta.

Bedanya, final DBL Jakarta saat itu dilaksanakan di Indonesia Arena, stadion basket indoor terbesar se-Tanah Air. "Itu pengalaman baru lagi buat saya," cetus Christian.

Yap, bagai tertimpa durian runtuh, dua tahun perjalanan kesuksesan Jubilee ini seperti hadiah bagi Christian pribadi. Ditambah, ia berhasil terpilih menjadi First Team di 2023 ini.

"Saya nggak mau berharap apa-apa. Saya melihat DBL Camp nanti seperti tantangan. Pastinya saya sendiri termotivasi banget buat jadi yang terbaik dan mau belajar banyak," ungkapnya.

Baca juga: Peluang All Star Terbuka Lebar, Magna Tengker: Harus Fokus Terus!

Bagi Christian sendiri, DBL Camp adalah ladang ilmu. Pesaingnya bukan pelatih yang biasa-biasa saja. Beberapa nama pelatih di DBL Camp bahkan pernah terpilih menjadi DBL Indonesia All-Star.

Soal persaingan di DBL Camp sendiri, Christian melihat itu sebagai salah satu pengalaman yang berbeda dari yang pernah ia rasakan. Ini pertama kalinya dia datang sebagai campers (sebutan peserta DBL Camp).

"Saya tahu nanti akan diajar oleh pelatih luar negeri yang punya pengalaman berbeda dan pastinya lebih oke. Saya pribadi, sih, pengen banget dapat ilmunya. Bisa saya terapkan ke anak-anak nanti," tukasnya.

Kopi Good Day DBL Camp 2024 berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada 23 hingga 28 April 2024. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Lihat profile Christian Andy dari SMA Jubilee Jakarta selengkapnya di halaman di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY