ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Camilan biasanya dikonsumsi untuk sekedar mengganjal perut. Tahukah kalian, beberapa camilan ternyata punya efek buruk bagi tubuh kita loh. Terlebih untuk pebasket. Beberapa di antaranya memang baik untuk tubuh jika dikonsumsi sesuai standarnya. Salah satunya adalah cokelat. 

Dark chocolate memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung. Kandungan flavanol di dalam biji cokelat mengandung antioksidan. Zat ini dapat mengurangi kerusakan sel yang mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan tersebut juga dapat menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi vaskular. 

Baru-baru ini, sebuah penelitian menyebutkan bahwa dark chocolate dapat membantu atlet atau orang-orang pecinta olahraga meningkatkan performa daya tahan tubuh mereka. Penelitian yang lakukan Rishikesh Kankesh Patel dari Kingston University London, Inggris ini menemukan fakta baru. Dark chocolate ternyata memberi kegunaan yang mirip dengan jus buah bit.

Jus buah bit sering dikonsumsi oleh para atlet masakini karena terbukti kaya akan nitrat, yang akan diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Hal itu akan membuat melancarkan peredaran darah, dan mengurangi konsumsi oksigen. Sehingga menyebabkan atlet bisa menjaga performa terbaiknya lebih lama.

Patel menemukan bahwa atlet dapat berlatih secara efektif lebih lama setelah memakan dark chocolate. Penelitian yang sudah dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition ini menunjukkan, ara sampel penelitian bisa mengonsumsi oksigen yang lebih sedikit selama beraktifitas dalam tempo sedang ataupun tinggi setelah mengonsumsi dark chocolate.

Pendapat serupa juga dikeluarkan oleh James Brouner, dosen senior analisis olahraga yang juga pelari ultra-marathon. Ia mengatakan, penemuan tentang dark chocolate ini bisa jadi bermanfaat bagi daya tahan atlet.

Brouner berujar, sangat penting bagi para atlet untuk mengatur daya tahan mereka seefisien mungkin. Brouner juga menambahkan bahwa banyak atlet yang mengonsumsi jus buah bit untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Akan tetapi, kebanyakan atlet tersebut tidak suka rasa dari jus buah bit.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY