ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kita semua tahu bahwa mental adalah bagian penting bagi seorang atlet, termasuk student athlete. Kekuatan mental seorang atlet basket akan sangat menentukan keberhasilan mereka dalam sebuah pertandingan. 

Sebaik apapun skill yang kalian miliki, namun jika tak diimbangi dengan kuatnya mental maka tak akan punya pengaruh besar. Sebab, kekuatan mental bisa membantu kalian keluar dari situasi yang buruk pada saat pertandingan.

Jika ingin punya mental yang kuat, maka kalian latihan yang konsisten adalah kuncinya. Jauh lebih baik jika kalian meluangkan waktu lima menit sehari namun kontinyu untuk melatih mental. Dibandingkan dengan berlatih selama satu jam hanya sekali seminggu.

Berikut ini ada beberapa cara untuk melatih meningkatkan mental kalian. Terbagi menjadi tiga, latihan mental ini bisa kalian lakukan di manapun.  

1. Latihan 5 Menit

Jika kalian punya kesibukan yang cukup padat, maka latihan ini jadi solusinya. Kalian hanya meluangkan waktu selama lima menit untuk melatih mental. Cara sederhana yang bisa kalian lakukan adalah melatih pernafasan.

Setiap hari selama lima menit kalian harus bisa fokus dalam mengatur pernafasan. Sebab dengan mengatur pernafasan, kalian juga bisa mengontrol emosi dan juga menjernihkan pikiran.

Hal ini penting bagi pemain basket untuk bisa memikirkan solusi dan juga tiap keputusan yang akan diambil.

 

2. Latihan 15 Menit

Dalam waktu 15 menit, sudah cukup bagi kalian untuk bisa menguatkan mental. Kalian bisa memanfaatkan waktu itu untuk relaksasi, melihat video atau bahkan berbincang dengan diri sendiri. 

Atau cara yang bisa kalian lakukan selama 15 menit adalah untuk mengevaluasi diri. Berikan dua pertanyaan pada diri sendiri. Pertama, apa saja hal yang sudah kalian lakukan dengan baik. Kedua, apa saja hal yang sudah kalian pelajari.

 

3. Latihan 1 Jam

Jika kalian di akhir pekan punya waktu yang cukup luang, maka coba lakukan meditasi. Sebab, waktu selama satu jam ini sudah cukup untuk melakukan meditasi demi membersihkan pikiran dan melatih fokus.

Usahakan pilih tempat yang tenang untuk melakukan meditasi. Duduklah dengan nyaman dan pejamkan mata. Aturlah pernafasan kalian secara perlahan sehingga punya ritme yang sama dalam tarikan atau hembusan nafas.

Satu hal terpenting dalam meditasi adalah soal membebaskan pikiran negatif. Sebab pikiran negatif akan mudah hilang jika kalian dalam kondisi fokus dan rileks.

Ketika semua pikiran negatif sudah hilang, maka akan mempermudah kalian mengambil sebuah keputusan dan memikirkan solusi terhadap sebuah situasi yang kalian hadapi.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY