ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Footwork exercise merupakan salah satu metode latihan yang akan membuat kamu semakin gesit di lapangan. Umumnya bisa menggunakan ladder sebagai alat bantu.

Buat kamu yang masih belum punya ladder, kamu bisa membuatnya sendiri dengan tali raffia dan kayu. Ukurannya panjangnya adalah 4,5 meter, dengan 50x50 di setiap ladder-nya.

Setelahnya, lakukan drill selama satu menit  di setiap sesinya agar kamu makin lincah. Ingat, repetisi latihan juga sangat penting ya!

Two Foot Exercise

Lakukan sprint kecil dengan dua langkah di setiap ladder-nya. Hal yang wajib diperhatikan adalah, satu ladder hanya boleh melakukan dua langkah cepat dengan jinjit, sembari tangan melakukan motion berlari agar seimbang. Ketika kaki kanan terangkat, kaki kiri yang bergerak dan sebaliknya.

Lateral High Knee Exercise

Di sesi ini kamu wajib melakukan satu langkah cepat dengan diikuti kaki lainnya di setiap ladder-nya. Lakukan gerakan ini ke samping dengan jinjit sembari melakukan motion berlari agar seimbang.

Ickey Shuffle

Selanjutnya, lakukan ickey shuffle. Caranya, dimulai dari bagian kanan luar ladder. Lalu masukkan kaki kirimu ke dalam ladder dengan diikuti kaki kanan.

Selanjutnya, keluarkan kaki kirimu ke luar yang diikuti kaki kanan. Lakukan hal ini sambil bergerak maju hingga berada di akhir ladder. Jangan lupa motion agar tetap seimbang ya.

Backward Ickey Shuffle

Proses gerakannya sama dengan Ickey shuffle. Bedanya, kamu harus melakukan gerakan ini dengan mundur. Tujuannya, selain meningkatkan agility, juga meningkatkan koordinasi antara otak dan anggota tubuhmu. Sehingga, kamu nggak gampang jatuh.

In and Out

In and out bisa menjadi drill simpel yang mampu meningkatkan kelincahanmu. Lakukan posisi start dari luar ladder. Lalu lakukan dua langkah masuk ke dalam ladder dan keluar dengan bergerak ke samping.

Single Leg

Drill yang satu ini dapat menguatkan keseimbanganmu selagi meningkatkan footwork. Ada banyak sekali drill yang bisa kamu lakukan. Mulai dari single leg hoops, single leg out three, single leg forward in and out, dan banyak lagi. Ingat, lakukan drill ini secara bergantian dengan satu menit di setiap sesi sebagai penutup footwork exercisemu ya!(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY