ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Muhammad Iqbal Hardian, pemain tim nasional KU-18 ini menjadi motor serangan andalan SMAN 2 Pasuruan di Honda DBL seri Malang musim 2019. Berkat peran krusialnya, tim basket putra SMAN 2 Pasuruan berhasil melangkah hingga babak delapan besar.

Tak hanya itu, Iqbal juga menjadi top rebounder seri Malang musim lalu dengan torehan 49 rebound dari total lima pertandingan, dengan rata-rata 9.8 rebound per game. Selain itu ia turut menyumbangkan 56 poin, tiga assist, dan dua steal selama musim lalu.

Setelah lulus dari SMAN 2 Pasuruan tahun ini, Iqbal mengaku ingin bisa berkuliah di Universitas Airlangga (Unair). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) menjadi tujuan pendidikannya setelah lulus dari sekolahnya.

"Aku inginnya masuk Ilmu Administrasi Negara atau Politik. Makanya buat SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.red) ini aku terus mengasah kemamupuan akademikku," ujarnya.

Salah satu metode yang digunakan Iqbal untuk belajar adalah dengan menggunakan YouTube. Sebab tempat tinggalnya yang berada di desa membuatnya sedikit kesulitan untuk mendapatkan guru les.

Selain dari YouTube dan latihan soal, Iqbal kerap berkomunikasi dengan temannya untuk membantu menyelesaikan soal. Metode tutor sebaya ini dirasa menjadi salah satu cara belajar yang mudah dipahami.

"Seringnya sih tanya ke teman. Soalnya cepat nyambungnya. Jadi sehabis dari YouTube kemudian ada yang kurang paham, aku minta tolong ke teman untuk bantu menjelaskan," tuturnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY