ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Setelah tahu betapa pentingnya rest day dan bagaimana tanda tubuh saat sudah kecapekan, kali ini DBL.id bakal kasih kamu tips supaya proses recovery-mu optimal.

Nggak hanya libur latihan, beberapa hal ini bisa bikin sel ototmu lebih cepat beregenerasi. Seperti apa sih caranya?

 

Minum, Minum, dan Minum

Saat rest day, hal yang penting dan nggak boleh dilupakan adalah mengkonsumsi cairan yang banyak. Bukan tanpa alasan, banyaknya cairan yang hilang saat kamu latihan akan membuat tubuh kamu lemas. 

Nggak cuman itu aja, air juga menjadi salah satu pelumas yang digunakan untuk otot dan sendi. Bahkan bisa mengurangi nyeri dan kram. 

 

Konsumsi Asupan Bergizi

Banyak orang yang menganggap rest day sebagai cheating day. Jadi apapun bisa masuk ke dalam tubuh tanpa melakukan filter seperti saat melakukan program workout. Padahal hal ini kurang baik.

Rest day-mu akan makin optimal kalau diimbangi dengan makanan dan minuman yang bergizi. Tak hanya protein yang bagus untuk regenerasi otot, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral biar penyerapan nutrisi di tubuhmu makin optimal ya.

 

Lakukan Stretching Lemaskan Otot

Saat berolahraga berat, beberapa otot akan berkontraksi dan bahkan masih tetap "aktif" meski beristirahat. Meski terlihat simpel, hal ini justru akan memperlambat recoverymu loh.

Nah nggak ada salahnya untuk melakukan stretching buat merelaksasikan otot-ototmu ini. Salah satunya bisa dengan melakukan Yoga atau Pilates.  

 

Tidur Ideal Sangat Diperlukan

Hal simpel lain yang bisa kamu lakukan adalah tidur ideal kurang lebih 7-9 jam. Ada banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil dari tidur ideal ini loh.

Yang perlu digaris bawahi adalah bukan berarti seharian kamu malas-malasan ya. Secukupnya saja. Kalau bisa tetap aktif bergerak seperti berjalan memutari komplek atau sekedar membantu orang tua bersihin rumah.

 

Ice Bath

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah ice bath. Berendam dengan air dingin ini punya banyak banget manfaat yang bisa kamu dapatkan loh.

Salah satunya adalah membuat tubuh cepat beregenerasi setelah melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah membuat pembuluh darahmu mengecil. Dampaknya, resiko akibat cedera dan pembengkakan pun berkurang.

Baca juga: Ini Keunggulan Ice Bathing yang Wajib Diketahui Pemain Basket

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY