ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Di level profesional tak hanya fisik saja yang diperlukan. Fundamental justru hal yang tak kalah krusial dalam sebuah pertandingan. Inilah yang diungkapkan oleh Cio Manuputty dan Regita Pramesti. Alumni Honda DBL Indonesia All-Star dan interpreter Honda DBL Camp 2019 ini lantas menjelaskan betapa pentingnya fundamental dalam basket.

Bagi Cio Manuputty, fundamental ibaratkan fondasi sebuah rumah. Pemain dengan fundamental yang bagus bisa dipastikan ia akan memiliki permainan yang bagus dan efektif. Selain itu, peluang melakukan kesalahan di lapanngannya juga akan lebih minim.

Hal inilah yang membuat Cio tetap terus melakukan latihan fundamental. Jika diibaratkan sebuah rumah, Cio lebih memilih rumah sederhana dengan fondasi yang kuat daripada sebuah rumah yang mewah tapi rentan roboh karena dasarnya tidak kokoh.

"Di lapangan pun sama. Dalam bermain nggak perlu terlalu berlebihan. Yang penting tiap gerakan fundamentalnya tepat. Karena akan membuat setiap gerakan pemain lebih efektif. Dan bahkan membuat gerakan setelahnya lebih powerfull," jelas pemain Satya Wacana Salatiga tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Regita Pramesti. Pemain dari Merpati Bali ini menjelaskan bahwa fundamental akan sangat membantu pemain basket di level apa pun. Baik dari level SD hingga profesional.

Pasalnya, dengan fundamental yang baik, pengembangan kemampuannya juga akan lebih mudah. Inilah mengapa seorang dengan dasar yang kokoh bisa lebih mudah berkembang di mana pun berada.

"Soalnya dengan fundamental yang bagus, gerakannya nggak akan asal-asalan. Dampaknya ketika di lapangan dia akan selau tampil bagus," jelasnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY