ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Burpee Jump Reach jadi salah satu challenge dari Physical Development. Sama dengan tantangan fisik lainnya, Burpee Jump Reach ini juga jadi required untuk membuka gembok Skills Challenge di babak playoff ViCee Skills Competition loh. Dengan rincian yang terbagi dari tiga level.

Tiga level itu antara lain, level 1 (Triangle Combo Dribble And Pass dan Single Hand Off), level 2 (Free Throw dan Big Man Move), dan level 3 (Perimeter Moves dan Advance Rebound). Masing-masing level punya rintangan soal waktu pengerjaannya. Oleh karena itu biar nggak remedi coba catat 4 tips ampuh berikut ini!

1. Mulai dari Posisi Berdiri

Di challenge Burpee Jump Reach ini ada beberapa rangkaian yang mesti kalian lakukan dengan benar. Mulanya, kalian harus dalam posisi berdiri. Lalu segera ubah posisi ke gerakan squat dengan kedua tangan berada di lantai, dan tendang kedua kaki ke belakang hingga membentuk posisi seperti full plank.

Dari situ kembali ke posisi squat jump dan loncat tinggi seakan ingin meraih sesuatu. Perlu diingat, rangkaian gerakan ini harus kalian lakukan dengan benar dan cepat. Tujuanya adalah memperkuat otot di bagian badan kalian dan juga meningkatkan strength endurance kalian sebagai pemain basket.

2. Tidak Melengkungkan Punggung Berlebihan

Untuk challenge ini, poin terpentingnya adalah repitisi gerakan yang dilakukan selama waktu yang telah ditentukan. Ada catatan khsusus sewaktu kalian dalam posisi full plank. Saat full plank, jangan sampai bagian punggung kalian terlalu melengkung ke bawah. Cukup lengkungkan sedikit saja biar otot bagian perut kalian juga bekerja dengan baik. Soalnya, jika terlalu melengkung ke bawah, akan berbahaya buat tulang kalian nantinya.

3. Gerakkan Terkesan Asal

Pressure point di Physical Development adalah kalian dituntut cepat melakukan setiap rangkaian gerakan, namun juga tidak dilakukan secara asal-asalan. Termasuk di Burpee Jump Reach ini. Seperti yang sudah dibahas, ada tiga rangkaian gerakan di challenge ini. Yaitu squat, full plank, dan jump reach.

Ketiga kombinasi gerakan ini mesti bisa kalian lakukan dengan baik. Kerahkan penuh kemampuan kalian sewaktu mengerjakan challenge. Jangan terkesan asal. Selain mempengaruhi nilai juri, gerakan yang asal juga akan berdampak kurang bagus buat kerja otot kalian. Jadinya, tujuan challenge melatih otot badan kalian nggak tercapai nantinya.

4. Tidak Mendarat dengan Seluruh Badan

Detail gerakan akan dinilai oleh tim juri. Jangan sampai kalian remedial, hanya karena kesalahan kecil. Semakin tinggi level di Physical Development, maka durasi penyelesaian challenge akan semakin lama. Boleh jadi kalian akan kelelahan jika tidak bisa atur ritme dengan baik.

Hal itu bisa juga berdampak ke gerakan kalian. Jangan sampai bagian badan kalian terlihat menyentuh lantai, karena kalian kelelahan sewaktu menyelesaikan Burpee Jump Reach ini. Meskipun dilakukan karena ketidaksengajaan atau tanpa sadar. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)