ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Osis SMAN 2 Banjarmasin turun tangan membantu korban banjir Kalsel (source: dok pribadi)

Bencana banjir bandang menerjang beberapa wilayah di Kalimantan Selatan beberapa hari terakhir ini. Dikutip dari portal berita lokal, kalimantan.bisnis.com setidaknya ada 11 Kabupaten/Kota yang terkena banjir bandang. Salah satunya adalah kota Banjarmasin. Keadaan tersebut membuat masyarakat di Banjarmasin masih mendiami posko banjir yang tersedia di sana.

Di balik bencana itu, ada aksi banyak heroik yang mesti diapresiasi. Termasuk yang dilakukan OSIS SMAN 2 Banjarmasin. Mereka turun tangan membantu korban bencana banjir di sana. Atha Damario, salah satu peserta ViCee Skills Competition 2020 lalu, termasuk yang tergabung di gerakan dengan nama Smada peduli itu.

Selain karena sebagai anggota OSIS SMAN 2, cowok berusia 16 tahun itu mengaku terketuk hatinya membantu korban bencana. Apalagi bencana terjadi tak jauh dari tempatnya tinggal. "Secara pribadi aku merasa simpati pada orang-orang yang terkena dampak bencana ini," terangnya.

Atha sendiri sebenarnya juga korban. Ia turut terkena dampak banjir. Beruntung tak separah beberapa korban lainnya. "Alhamdulillah nggak parah, cuma banjir sedikit pas tengah malam,” cuap siswa kelas XI itu.

Atha mengatakan, Smada peduli ini memang diinisiasi langsung oleh OSIS SMAN 2 Banjarmasin. Ketua OSIS SMAN 2 Banjarmasin, Rohit menambahkan, aksi kemanusiaan itu mendapatkan izin dan dukungan sekolah. "Sekolah sangat mendukung gerakan ini, tetapi berpesan pada kami selalu berhati-hati dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada," tandas Rohit.

Hingga hari ketujuh, OSIS SMAN 2 Banjarmasin terus membuka posko di pinggir jalan dekat sekolah mereka. Anak-anak Smada menggalang bantuan dengan mengumpulkan pakaian, obat-obatan, dan uang untuk dibelikan sembako.

Bantuan yang telah dikumpulkan langsung didistribusikan ke posko-posko banjir terdekat yang didirikan. Distribusi bantuan juga berjalan lancar. Hanya saja akses utama yang sempat lumpuh menjadi sedikit kendala bagi mereka.

"Kami keliling posko yang akses jalannya bisa kami lewati dulu. Jaraknya dari sekolah sekitaran 30 menit,” tandasnya.

Penggalangan dana ini sendiri masih terus dibuka hingga 23 Januari 2021 mendatang. Namun, jika kondisi di Kalsel tak kunjung membaik OSIS SMAN 2 Banjarmasin akan membuka bantuan kloter kedua.

Bagi DBL Lovers yang ingin menyalurkan sumbangan lewat OSIS SMAN 2 Banjarmasin, bisa loh donasinya disampaikan via transfer. Donasi bisa ditransfer ke Bank Kalsel di nomor rekening 0010301081606, atas nama OSIS SMA NEGRI 2 BANJARMASIN. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)