ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Perut jadi salah satu bagian inti dalam tubuh. Begitupun buat para student athlete basket. Oleh karena itu, otot perut atau yang dikenal dengan bagian abdominal ini mesti kalian latih dengan baik. Selain sebagai pondasi, otot bagian perut ini juga berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kram pada bagian perut. Apa saja menu latihannya? Simak ulasannya di sini!

1. Tummy Vacums

Gerakan ini sangat basic. Pertama kalian bisa atur posisi dengan tangan dan lutut menempel di matras. Lalu, kalian atur napas secara normal. Ketika bernapas, bagian perut dan tulang belakang bergerak secara alami.

Dalam kodisi ini, biarkan perut membantu rekondisi otot perut terdalam atau yang biasa disebut sebagai transversus abdominis (TVA). Kalian bisa lakukan dalam waktu 5 detik dengan 8 kali repitisi.

2. Clam Shells

Pada dasarnya, gerakan seperti kerang yang membuka cangkangnya. Kalian atur posisi dengan tiduran menghadap ke sisi samping, dengan bagian kaki sedikit ditekuk dan sejajar. Secara perlahan, buka bagian kaki. Kalian bisa tahan posisi ini selama 10 detik, dan ulangi ke sisi samping lainnya denagn 10 kali repitisi setiap sisinya. Gerakan ini juga berpengaruh ke bagian otot gluteus atau bagian otot pinggul kalian.

3. Dead Bugs

Gerakan ini dilakukan dalam posisi badan tiduran dengan mengangkat bagian pinggul supaya kaki tidak menyentuh lantai. Secara perlahan gerakan tangan dan kaki ke depan dan ke belakang secara bergantian.

Lakukan sebanyak 8 kali hitungan dengan 5 kali pengulangan. Latihan ini bukan cuma meningkatkan kondisi pengkondisian otot inti saja. Melainkan juga membantu stabilitas di pinggul kalian.

4. Band Anti-Rotation

Otot perut memiliki tiga fungsi utama yaitu anti rotasi, anti ekstensi, dan anti fleksi lateral. Untuk latihan ini akan lebih pada melatih anti ekstensi dan anti lateral kalian. Kalian memerlukan alat bantu. Yaitu karet resistensi yang nantinya diikat pada besi.  Lalu kalian tarik menggunakan satu sisi tangan kalian.

Layaknya gerakan plank, kalian harus menahan beban tubuh kalian secara berdiri supaya badan kalian nggak tertarik oleh karet yang diikat pada besi.  Latihan ini berpengaruh buat perut bawah (di sekitar pinggul), dan perut samping kiri dan kanan. Baiknya, kalian tahan selama 10 detik. Dengan 8 kali repitisi setiap sisinya.

5. Bird Dog

Ini adalah latihan yang pas buat ningkatin stabilitas otot inti kalian. Soalnya, gerakan ini juga berpengaruh buat otot pinggul serta bagian bahu kalian. Posisi utamanya adalah seperti bayi yang mau merangkak. Kemudian mulai angkat kaki dan tangan, posisikan tegak lurus sejajar dengan bahu.

Kalian bisa lakukan secara bergantian, baik mengangkat tangan bagian kiri atau kanan dan juga kaki kiri maupun kanan. Gerakan bird dog ini baiknya dilkaukan selama 10 detik. Ulangi sebanyak 8 kali repitisi di setiap sisinya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)