ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Lagi puasa gini emang enak banget nih yang seger-seger. Eits, jangan ngadi-ngadi deh nanti malah batal loh. Sekarang kita bukan bahas soal minuman dingin atau es krim. Tapi, bahas episode Dr Drill terbaru yang udah tayang di channel YouTube DBL Play. Di situ ada penjelasan mengenai ice bathing. Tahu nggak apa itu?

Nah, simpelnya ice bathing itu adalah cryotherapy yang bisa membantu untuk mempercepat recovery badan. Terutama ketika selesai melakukan latihan intens yang dapat menyebabkan microtrauma/cedera ringan pada otot tubuh. Banyak hal positif loh buat tubuh kalian ketika melakukan ice bathing.

Diantaranya bisa membantu meredakan atau mengecilkan pembuluh darah yang membesar akibat microtrauma. Lalu, meredakan asam laktat berlebih pada tubuh penyebab rasa nyeri dan pegal dan juga bisa mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan

Seorang fisiologi, Jeremy McCormick, Ph.D dari University of New Mexico menyatakan bahwa ice bathing sangat bermanfaat buat tubuh yang lelah dari latihan. Ketika kamu masuk ke dalam bak mandi es pembuluh darah di tubuh menyempit. Seiring dengan penyempitan pembuluh darah, asam laktat didorong keluar dari otot dan bisa mengurangi pembengkakan jaringan otot,” katanya.

Tapi, kalian nggak bisa sembarangan melakukan ice bathing loh. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Erin Pereira, seorang ahli terapi fisik dari Athletico Physical Therapy di Illinois, Amerika Serikat mengingatkan setidaknya air yang digunakan dalam keadaan bersih dan dalam suhu 10 sampai 15 derajat Celsius. Selain itu lakukan hanya selama 15 menit aja.

“Kamu juga dapat merendam seluruh tubuhmu, kecuali kepala dan pastikan tubuhmu tetap hangat setelah selesai, biar proses penyembuhan jadi lebih cepat,” cetusnya dikutip dari verywellfit.com. Selain ada tata caranyabuat kalian juga jangan asal lakukan ice bath sesuka hati kalian.

Jika otot kalian kaku atau terlalu tegang jangan lakukan ice bath. Lalu ice bath ini juga nggak boleh dilakukan setelah kalian melakukan strength conditioning. Soalnya, hal itu justru bisa menghambat pertumbuhan otot. Dan yang terpenting jangan sama sekali melakukan ice bath kalau kalian punya penyakit jantung. Sebab, hal itu bisa memperparah kondisi jantung.

Satu hal lagi yang mesti kalian catat. Ketika berendam dengan air es, juga jangan sering-sering. Paling nggak, coba lakukan ketika intensitas latihan tinggi atau sekitar 1 sampai 2 minggu sekali. Dan buat kalian yang punya gejala darah rendah, juga disarankan tidak melakukan ice bathing deh. Soalnya, rawan terkena hypothermia.

Nah buat penejelasan lengkapnya, kalian bisa tonton tips ice bath ini hanya di program Dr Drilll di YouTube DBL Play, di bawah ini! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY