ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kalian tahu bentuk roti sobek? Yaps, pada bagian roti sobek biasanya terdapat garis yang di setiap rotinya menonjol dan membentuk kotak-kotak untuk membagi roti jadi beberapa bagian. Dalam dunia olahraga, istilah roti sobek biasanya berhubungan dengan bentuk perut kalian. Secara nggak langsung, hal itu menunjukkan kondisi badan kalian.

Kalau kotak-kotak berarti otot inti kalian terbentuk dengan baik atau kadar lemak dalam perut kalian lebih dikit ketimbang otot kalian. Nah, biasanya sih pemain basket sekaliber LeBron James, Luka Doncic, atau Giannis Antetokounmpo juga punya badan yang kekar supaya punya ketahanan tubuh yang kuat ketika berduel di lapangan.

Kalian juga mau? Tenang, pasti bisa kok. Daripada mimpi jadi angan, mending coba mulai dulu deh dengan ikutin 5 latihan core berikut ini!

1. Basic Plank

Gerakan ini, sangat berdampak baik buat otot perut kalian. Caranya dengan letakan siku, dengan posisi tidur, lalu angkat sedikit badan kalian dan bertumpu pada bagian tangan dan juga ujung kaki. Pastikna bagian lengan kalian sejajar satu sama lain. Punggung kalian juga harus tetap rata. Lakukan plank selama 1 menit.

2. Side Plank

Mulailah dengan berbaring, menghadap ke samping. Topang badan kalian dengan siku kanan atau kiri. Hal terpenting adalah jaga punggung dan kaki kalian tetap lurus. Sesekali angkat kaki kalian secara perlahan. Hal ini supaya bagian glutes kalian atau otot sekitar bokong dan paha juga bisa terkena dampak dari plank ini.

3. Swiss Ball Jack Knife

Untuk latihan satu ini, kalian memerlukan satu alat bantu. Yaitu bola gym. Mulailah dengan sejajarkan posisi badan kalian seperti gambar (a) di atas. Nantinya, gerakan kaki kalian seperti gerakan menggulung bola ke arah lengan dan dekatkan lutut dengan bagian dada gambar (b). Tantangannya adalah jaga bagian punggung kalian tetap lurus agar kalian nggak terjatuh dari bola. Supaya otot inti kalian tetap kencang.

4. Swiss Ball Mountain Climber

Masih dengan alat bantu bola, untuk melakukan latihan ini mulanya letakkan tangan kalian di atas bola. Jaga keseimbangan, lalu angkat kaki kiri dan kanan secara bergantian sampai mendekati bagian dada. Menjaga stabilitas selama latihan jadi pressure point di latihan ini. Semakin stabili, semakin bisa memperkuat otot inti kalian.

5. Russian Twist with Weight

Sama seperti dua latihan sebelumnya, untuk latihan ini kalian juga memerlukan alat bantu. Bisa bola beban ataupun dumbbell, supaya badan kalian bisa merasakan beban lebih agar otot perut makin kencang. Mulanya, ambil posisi duduk di lantai dengan lutut sedikit ditekuk. Condongkan tubuh ke belakang sehingga tubuh sehingga membentuk sudut 45 derajat.

Jaga punggung kalian tetap lurus, tidak membungkuk dan gerakan beban ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Biarkan otot perut kalian jadi tumpuan utama ketika memindahkan beban. Pertahankan kaki kalian, usahakan tidak bergeser dari posisi awal. (*)

Source foto: coachup.com

  RELATED ARTICLES
Comments (0)