ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

On This Date: 20 September 2019
Smasa Menangi Derbi Blitar, Pupuskan Smaga ke Surabaya
Hakiki Tertiari - 20 September 2021
Tim putri SMAN 1 Blitar berhasil melaju ke fase Honda DBL East Java Championship Series 2019

Partai ketat menghiasi Honda DBL East Java Series 2019-North Region pada 20 September 2019 silam. Laga merupakan do or die. Mempertemukan SMAN 1 Blitar (Smasa) kontra SMAN 3 Blitar (Smaga). Pemenang dari derbi Blitar memastikan satu tiket menuju Surabaya, tempat dihelatnya Honda DBL East Java Championship Series 2019.

Derbi Blitar itu berakhir untuk kemenangan putri Smasa. Namun, mereka tak mudah meraih hasil itu. Smasa bekerja ekstra melawan rivalnya, sebelum akhirnya berhasil menang dengan skor tipis 66-65. Pertandingan sendiri berjalan ketat. Bahkan, Smasa sendiri harus tertinggal terlebih dulu dari Smaga. Mereka kecolongan 13-25 di kuarter pertama.

Permainan duo Smaga, Fransisca Berliana Kusuma Putri Noegroho dan Natasya Aurelia, benar-benar membuat Smasa kewalahan. Untungnya, Smasa punya Nirwana Shinta Anggely Maharani. Dara berusia 17 tahun itu mengunci kemenangan timnya lewat tembakan free throw di empat detik terakhir jelang kuarter empat berakhir.

Bola yang masuk mulus melewati ring, membawa Smasa mengunci kemenangan dan berhasil melenggang ke Surabaya. Di laga itu Smaga memang menggempur pasukan Erwan Budi Santoso. Kuarter tiga menjadi puncak kebangkitan Smasa. Pelatih mereka terus memberikan sentuhan mental agar bangkit.

Pemain SMAN 1 Blitar sorak sorai usai mengalahkan SMAN 3 Blitar

Pesan coach Erwan ternyata membuahkan hasil. Anak didiknya bisa bangkit. Melalui Antonia Tita, salah seorang forward Smasa kala itu. Hingga mereka bisa unggul tipis, di kuarter ketiga 53-52. Begitu pun di kuarter selanjutnya, sampai bisa membawa pulang kemenangan dari derbi Blitar tersebut. 

Menurut Erwan, saat itu anak-anaknya cukup panik. Para pemainnya kurang bisa bertanggung jawab di lapangan. Hal itu yang ia ingatkan pada anak didiknya, agar bisa tenang dan membawa pulang kemenangan. “Kalau salah atau gagal poin harus tanggung jawab, segera kembali bertahan, nggak boleh telat dan males,”ujarnya saat itu.

Hasil tersebut bukan hanya semata kemenangan derbi Blitar saja. Namun, Smasa memupuskan harapan Smaga untuk melenggang ke Honda DBL East Java Championship Series. Pada seri Jawa Timur dua tahun silam itu, putri Smasa juga berhasil melaju hingga semifinal di Surabaya. Mereka harus mengakui kemenangan SMA Nation Star Academy (NSA) dan gagal menembus final Honda DBL seri Jawa Timur tahun 2019. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)