ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Final Party Honda DBL with KFC 2022 DKI Jakarta - Championship Series

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2009, KFC DBL Camp akan digelar di DKI Jakarta. Tepat pada 8 hingga 14 Mei 2023 mendatang, pemusatan latihan pelajar terbesar se-Indonesia ini akan berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Kota Kasablanka Mall.

Pemilihan venue ini sendiri bukan tanpa alasan. GOR Soemantri Brodjonegoro diketahui memang mempunyai tombak sejarah besar bagi keberlangsungan liga Honda DBL. Khususnya Honda DBL with KFC DKI Jakarta Series.

Pada tahun 2015 lalu, gelaran DBL Jakarta berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro. Sebelumnya, sejak pertama kali digelar tahun 2011, DBL Jakarta dilaksanakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Di tahun 2018, kompetisi resmi dipecah menjadi 4 (empat) wilayah, West Region, North & Central Region, South Region, dan East Region. Tim-tim jagoan yang berhasil lolos ke final akan kembali bertemu di babak Championship Series untuk memperebutkan gelar juara DBL Jakarta.

Nah, babak Championship Series ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro. Hal itu yang membuat GOR Soemantri dan liga DBL mempunyai keterkaitan yang begitu erat. Selain itu, banyak juga sejarah yang terukir di venue fenomenal ini.

Teladan Kawin Gelar Pertama Kali di Tahun 2016

Prestasi kawin gelar pertama kali berhasil diukir oleh tim basket putra dan putri SMAN 3 Jakarta di tahun 2016. Kala itu, mereka berhasil meraih gelar juara sebelum kompetisi dipecah menjadi empat wilayah.

Tim basket putra Teladan berhasil menjadi juara setelah menang atas SMAN 71 Jakarta dengan skor 53-47. Menyusul kemenangan tim putrinya atas SMAN 34 Jakarta dengan skor 43-38 lewat babak overtime di partai final.

Fyi, Teladan menjadi satu-satunya tim basket yang berhasil kawin gelar, selain SMA 1 PSKD, selama DBL Jakarta digelar sejak tahun 2011. 

Bukit Sion dan Dua Delapan Back-to-Back Champion

DBL Jakarta pertama kali digelar pada tahun 2011 lalu. Berkat antusiasme yang besar dari para student athlete, DBL Indonesia kemudian memutuskan untuk membagi kompetisi menjadi empat wilayah di tahun 2018.

Para finalis region kembali bersua dengan sistem kompetisi setengah putaran (round robin) di GOR Soemantri. Di sana, mereka memperebutkan gelar juara DBL Jakarta.

Sejarah pun terukir di tahun pertama DBL Jakarta dibagi menjadi empat wilayah. Tim basket putra SMA Bukit Sion Jakarta (Buksi) dan putri SMAN 28 Jakarta (Dua Delapan) berhasil meraih back-to-back champion di tahun 2018 dan 2019. Baca di sini: Buksi Sukses Tuntaskan Misi Back to Back Champion

Di tahun 2018, Buksi berhasil mengandaskan laju SMAN 61 Jakarta dengan skor 44-23 di partai final. Menyusul kemenangan kedua beruntun mereka di tahun 2019 atas SMAN 71 Jakarta dengan selisih skor tipis 62-59.

Sementara putri Dua Delapan sukses menjadi juara di tahun 2018 setelah mengandaskan laju SMAN 3 Jakarta dengan skor 49-46. Mereka meraih back-to-back di tahun 2019 usai mengalahkan SMA 1 Penabur dengan skor 70-41. Baca di sini: SMAN 28 Jakarta Kembali Menjadi Ratu DKI Jakarta

Jubilee Patahkan Hegemoni Buksi

Kompetisi DBL DKI Jakarta Series harus absen di tahun 2020 lantaran Pandemi Covid-19. Di tahun 2021, kompetisi dilaksanakan secara terpusat di GOR Cempaka Putih dengan protokol kesehatan yang ketat dan digelar tanpa penonton.

Di tahun 2022, DBL Jakarta kembali hadir dan menciptakan sejarah. Setelah kompetisi di empat region usai, persaingan para finalis semakin sengit di babak Championship Series yang digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro.

Buksi yang datang sebagai tim paling kuat di Jakarta, dengan memegang titel three-peat dan total 6 kali juara, harus merelakan gelar keempat beruntun mereka sejak tahun 2018 untuk SMA Jubilee Jakarta. Yups, di partai final Championship Series, Jubilee menjadi pemenang DBL Jakarta untuk pertama kalinya.

Kemenangan itu begitu dramatis. Pasalnya, Jubilee dan Buksi harus bersaing dengan sengit dan panas ketika tip off dilakukan. Memang tidak mudah bagi Jubilee untuk menghadapi nama besar Buksi. Ditambah suasana GOR Soemantri yang begitu panas dengan kehadiran penonton dari kedua tim.

Jubilee akhirnya berhasil menunjukkan taringnya sebagai tim kuda hitam. Mereka menang atas Buksi dengan skor 67-62. Baca di sini: Jubilee Juara Baru DBL Jakarta! (REN)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY