ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Wajib militer (wamil) merupakan program yang diwajibman oleh pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada warganya. Keharusan ini menyasar pada kaum pria dan sudah berlangsung sejak tahun 1957.

Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seorang pria yang berusia 18 sampai 35 tahun. Peserta wamil akan bertugas selama 18 bulan. Sebelum itu mereka wajib mencukur rambutnya sesuai dengan ketentuan militer Korsel.

Maka dari itu tidak heran jika beberapa idol K-pop sempat vakum karena sedang menunaikan kewajiban untuk negara.  Hal ini juga berlaku pada dunia olahraga. Beberapa pemain sepak bola dan bulu tangkis yang berasal dari Korsel juga wajib mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga: Ragam Koreografi Sixteenagers, Bawa Koran Bekas Hingga Naga!

Son Heung-min misalnya. Meskipun membawa emas Asian Games 2018, pemain andalan Tottenham Hotspurs masih harus menjalankan program wamil. Pada hal bulu tangkis juga demikian. Ganda putra andalan mereka, Seo Seung-hae dan Choi Sol-gyu sempat absen mengikuti serangkaian pelatihan nasional untuk wamil.

Pada kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region juga begitu. Salah satu pemain andalan tim putra SMA Ciputra Surabaya sebentar lagi bakal melakoni kegiatan wamil dari pemerintah Korsel.

Adalah Jin Hyeok Kang. Cowok dengan zodiak Taurus ini bahkan sudah berencana untuk kembali ke Korsel sekaligus melanjutkan studinya. "Habis lulus SMA  memang kepikiran untuk balik ke Korea Selatan. Lulus SMA terus masuk kuliah di sana (Korea Selatan) sekalian wamil," ungkapnya.

Jin Hyeok Kang tetap ingin kembali ke Indonesia selepas ia menamatkan studi kuliahnya dan merampungkan kegiatan wajib pemerintah Korsel. "Sebenarnya ingin balik ke Indonesia. Sudah nyaman sekali di sini. Enak pol lah," imbuhnya.

Baca juga: Bella Quincy, Pemain Perkusi Putri Pemimpin Irama Unomania!

Yap, Surabaya menjadi tempat Jin Hyeok Kang tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang seperti sekarang. "Aku cuman lahir saja di Korea Selatan. Umur tiga bulan sudah di Indonesia. Kangen lah pastinya nanti kalau sudah gak di sini (Surabaya)," terangnya.

Selama 18 tahun tinggal di Surabaya, tentunya Jin Hyeok Kang sudah merasakan segalanya. Mulai dari kuliner, bertemu dengan teman-temannya yang memiliki karakter khas Arek Suroboyo. "Kalau makanan favorit aku paling suka penyetan. Itu kayaknya di Korea gak ada deh. Enak banget penyetan itu," tandasnya.

Ketika membela Ciputra, Jin Hyeok Kang dan kolega berhasil mengantar sekolahnya melaju hingga fase Sweet Sixteen. Langkah mereka terhenti di tangan SMAN 1 Puri Mojokerto. Meski begitu semua telah dikerahkan untuk membawa sekolah tercinta mengudara.

Baca juga: Adu Strategi Kakak Adik Sempat Tersaji di DBL Madiun!

Semangat terus Jin Hyeok Kang! Kasih tahu teman-temanmu di Korea Selatan kalau ada kompetisi basket antarpelajar yang sangat bergengsi di Indonesia.(*)

Statistik pemain ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap).

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY