ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putra SKPNK (SMA Pelita Nusantara Kasih Surakarta) mengarungi musim yang indah di ajang Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Central Java Series. Baru melantun pada tahun kedua, mereka sudah menahbiskan diri menjadi raja baru DBL Solo.

Yup, dua tim unggulan berhasil disikat habis oleh Miguel Stevincent dan kolega. Padahal, jika melihat size, postur penggawa SKPNK kalah jauh dari lawan-lawannya. Kecerdikan dan ketenangan menjadi kunci di balik suksesnya SKPNK musim ini.

Baca juga: Tak Perlu Bingung! Berikut 3 Rekomendasi Kuliner Binjai yang Bikin Nagih

“Jujur itu momen SMA paling epik sih. Bakal aku kenang terus. Soalnya gak bisa diulang lagi kan,” ujar Miguel Stevincent, salah satu penggawa SKPNK.

Menyandang status sebagai raja baru DBL Solo, Miguel ingin mengajak teman-teman yang sedang atau akan liburan di Solo dengan rekomendasi kuliner ala anak-anak SMA Pelita Nusantara Kasih.

“Nah ini kan sudah masuk masa liburan. Buat abas yang lagi di Solo boleh lah mampir kulineran. Kita punya banyak rekomendasi,” ungkapnya.

Menurut Miguel Stevincent ada beberapa tempat makan yang wajib dicoba oleh teman-teman yang sedang atau akan berkunjung ke Solo.

Baca juga: 3 Rekomendasi Kuliner Khas Padang dari MVP DBL Padang

“Ada lima yang wajib sih. Pertama itu Sate Pak Manto. Kedua ada Babies Kuah Pak Jum. Ketiga ada Sate babi Maranatha, keempat ada Mie Sumatra. Kelima ya jelas Serabi Notosuman,” terangnya.

“Oh ada satu lagi bonus, Dawet Bu Dermi hahahaha. Kenapa kok dicoba ya soalnya enak banget,” imbuhnya.

Menurutnya beberapa rekomendasi makanan tersebut selain enak dan nagih, harganya juga relatif murah. “Soal harga aman lah beberapa murah. Pokoknya pasti nagih,” tandasnya.

Sate Pak Manto (Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah)

Olahan daging kambing seperti sate, tengkleng, gule, dan tongseng menjadi kuliner andalan Kota Solo. Tak heran bila kamu menemukan banyak tempat makan yang khusus menjual olahan daging kambing.

Bicara mengenai olahan kambing khas Solo bakal lebih afdal untuk berkunjung ke Sate Kambing Pak Manto.

⁠Babi Kuah Pak Jum (Jl. Ir. Juanda No.138, Jagalan, Kec. Jebres, Kota Surakarta)

Babi Kuah Pak Jum ternyata sudah melegenda. Meskipun hanya berbekal gerobak pikul ala kaki lima, tapi babi kuah ini tak pernah sepi pengunjung, lho. 

Mie Sumatra (Jalan Ir. Juanda nomor 128 A. Sorogenen, Solo)

Salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi di Solo. Mie Sumatra menyuguhkan varian mie yang banyak. Rasanya cenderung gurih.

Serabi Notosuman (Jl. MR Muh Yamin, Solo)

Notosuman merupakan nama kawasan di Solo yang identik dengan salah satu cemilan legendaris khas Solo, serabi. Dari kawasan itulah asal usul Serabi Notosuman dengan cita rasa memikat.

Dawet Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi adalah salah satu wisata kuliner legendaris yang ada di Pasar Gede Solo. Salah satu pasar terbesar dan bersejarah di Jawa Tengah dan Kota Solo.  Pasar Gede juga menjadi tempat salah satu destinasi wisatawan.

Foto: Solopos, Kompas.com, Akun X @yearendsale_

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY