ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Fakta-fakta DBL Camp

Kenapa DBL Camp dan DBL Fest Digelar di Jakarta?

Rena Dwi Astuti - 09 April 2024
Pembukaan DBL Camp 2023 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. (dok. DBL Indonesia)

DBL Camp adalah pemusatan latihan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia untuk menyeleksi student athlete menjadi 12 pemain yang masuk dalam DBL Indonesia All-Star. 

Nantinya, DBL Indonesia All-Star akan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar dan berlatih bersama pemain dan pelatih Top NBA. DBL Camp sendiri telah digelar sejak 2008. Namun, saat itu All-Star diberangkatkan ke Australia.

DBL Camp mulai memberangkatkan pemain All-Star ke Amerika Serikat pada 2010. Itu tahun pertama All-Star terbang ke Amerika Serikat. 

Sejak 2008, DBL Camp selalu digelar di kota kelahiran DBL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya, fasilitas dan sumber daya begitu lengkap, sehingga lebih dari 10 tahun DBL dilaksanakan di sana.

Lalu, di 2023, DBL Indonesia memutuskan untuk menggelar DBL Camp di Jakarta untuk pertama kalinya. Kenapa?

Baca juga: Mengenal DBL Fest, Festival Basket Pelajar Terbesar di Indonesia

DBL Camp adalah Bagian dari DBL Fest

Selain ‘memindahkan’ DBL Camp dari Surabaya ke Jakarta, DBL Indonesia juga membuat inovasi baru lainnya. Yakni menyelenggarakan DBL Festival di Jakarta, atau biasa disebut DBL Fest.

Sebenarnya, DBL Fest ini juga kerap dilaksanakan di Surabaya sejak lama. Bersamaan dengan DBL Camp. Tepatnya di Pakuwon Mall. 

Namun, DBL Indonesia telah mendeklarasikan bahwa DBL Camp menjadi salah satu bagian dari DBL Fest pada 2023 lalu. 

Baca Juga: Ada Apa Saja di Kopi Good Day DBL Festival 2024? Simak Bocorannya di Sini…

Alasan DBL Camp dan DBL Fest Digelar di Jakarta

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, DBL Camp dan DBL Fest digelar di Jakarta pada 2023. Tepatnya di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan dan Mall Kota Kasablanka.

Jakarta sendiri memang menjadi salah satu destinasi penyelenggaraan liga DBL. Bahkan, sistem kompetisi di Jakarta dipecah menjadi empat region. West, North & Central, East, dan South Region. Sebelum nantinya para finalis akan kembali bertarung di babak Championship Series untuk memperebutkan gelar juara.

Sebagai informasi, babak Championship Series DBL Jakarta sendiri juga digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Direktur DBL Indonesia, Masany Audri, mengatakan DBL Camp dan DBL Fest diselenggarakan di Jakarta pada 2023 karena ingin menunjukan konsistensi DBL Indonesia dalam menyelenggarakan liga dan mengembangkan bibit-bibit potensial di Indonesia.

“Kami senang sekali karena DBL Camp dan DBL Fest 2023 akhirnya hadir dan terselenggara di Jakarta. Kami ingin menunjukkan konsistensi kegiatan DBL Camp dan DBL Fest kepada khalayak luas, bahwa setiap tahunnya kami selalu konsisten mengumpulkan student-athlete terbaik dari yang terbaik seluruh Indonesia untuk mendapatkan pelatihan basket kelas dunia,” terang Masany Audri, bertepatan saat pembukaan acara DBL Camp 2023 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta[*].

Selain itu, dengan disahkannya Undang Undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) pada 28 Maret 2024 lalu, Jakarta kini tidak lagi menjadi Ibu Kota, melainkan menjadi Pusat Perekonomian Nasional.

Artinya, Jakarta kini menjadi pusat bisnis di Indonesia. Status ini menguatkan niat DBL Indonesia untuk selalu menunjukan dan menjaga konsistensi dalam penyelenggaraan liga DBL di Jakarta lewat DBL Camp dan DBL Fest. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY