ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Foto-foto: Verywellfit, aquaculturealliance

Buat temen-temen yang melakukan ibadah puasa Ramadan, satu hal yang selalu terpikirkan adalah bagaimana caranya agar kenyang lebih lama saat sesudah mengkonsumsi makanan sahur. Ya kan?

Nah nggak usah khawatir. Kali ini, DBL.id bakal bahas beberapa makanan penuh nutrisi yang bakal bikin kamu kenyang lebih lama. Apa aja sih?

1. Ubi

Nggak ada salahnya mengganti nasi dengan umbi-umbian saat sahur. Salah satu opsi yang bisa digunakan adalah ubi. Meski terlihat simpel, ubi dengan ukuran sedang punya kandungan kurang lebih 100 kalori dan empat gram serat yang bagus banget buat tubuh kamu loh! Nggak cuma itu, Kamu juga bakal dapat vitamin A dari rasanya yang manis dan gurih.

 

2. Kentang

Selain ubi, kentang juga bisa kamu konsumsi agar kenyang lebih lama saat menjalani puasa. Hal ini dikarenakan kentang punya protein inhibitor 2 yang memiliki peran untuk membuat kita kenyang lebih lama. Oiya, jangan membuang kulit dari kentang ya. Soalnya, dalam kulit tersebut ada banyak mineral dan vitamin seperti potassium dan vitamin C loh!

 

3. Brokoli

Jenis sayuran yang satu ini kerap dijadikan salah satu opsi di dalam satu buah mangkuk sup. Nah, jangan salah, ternyata, brokoli bisa bikin kamu kenyang lebih lama loh. Hal ini dikarenakan, dalam 91 gram brokoli, kamu bisa mendapatkan 2 gram serat dan 3 gram protein. Lengkap dengan beberapa kandungan nutrisi lainnya seperti Vitamin A, C, K dan mineral loh.

 

4. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi opsi sebagai salah satu makanan di menu sahurmu. Selain bisa dibuat smoothies, oatmeal juga bisa dikonsumsi dengan makanan  berat lainnya seperti daging dan sayuran.

Dalam penelitian  Rebello CJ, di jurnal Instant Oatmeal Increases Satiety and Reduces Energy Intake Compared to a Ready-to-Eat Oat-Based Breakfast Cereal: A Randomized Crossover Trial, Oatmeal bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi dan bisa mendelay lapar yang hadir karena perut yang kosong.

 

5. Ikan

Nggak kalah dengan ayam dan daging, ikan juga punya kandungan yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan omega 3 dari lemak ikan dapat membuat yang mengkonsumsinya kenyang lebih lama. Bahkan, bisa kenyang lebih lama dibandingkan dengan jenis makanan penuh protein lainnya seperti ayam, telur, dan daging sapi.

Bosan makan nasi? yuk cobain Lima Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Selama #dirumahaja

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY