ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Video Tricky Trick terbaru di kanal YouTube DBL Play kembali membahas seputar fundamental. Tapi, kali ini fundamental yang next level alias pengembangannya.

Coach Dimaz Muharri dan Marcel Bonfil menjelaskan tentang speed dribble dan crossover. Nah, sebelum kalian melakukan kedua teknik dribble tersebut. Coba simak hal penting berikut ini!

Dorong Bola ke Depan
Perlu diketahui, speed dribble ini berbeda dari control dribble atau change of pace. Perbedaannya adalah ada pada posisi bola. Untuk dribble cepat ini posisi bola berada di depan.

Sebab, kalian harus mendorong bola untuk maju ke depan. Dengan tujuan berlari ke ring, untuk mencetak poin. "Ini seperti fast break tujuannya ke basket. Jadi bolanya push ke depan,” ucap coach Dimaz.

Dribble Bisa Dikombinasikan
Kekuatan tangan dribble setiap pemain pasti berbeda. Tapi, untuk melakukan speed dribble, nggak melulu harus menggunakan tangan yang kuat. Bisa juga dikombinasikan.

Dribble kanan ke kiri atau sebaliknya tergantung situasi di lapangan. Dan bisa juga untuk mengecoh lawan. "Nggak harus pakai tangan kanan. Intinya harus cepat,” tambah coach Dimaz.

Gunakan Bahu dan Gerak Cepat
Untuk melakukan teknik crossover, bukan sekedar menggiring bola dari kanan ke kiri atau sebaliknya saja. Tapi, harus ada pergerakan dari bahu dan juga disertai gerakan yang cepat.

Dan pastikan bola berada di bawah lutut dengan poisi stay low. "Kalau lawan sudah terkecoh dari gerakan bahu kita, secara cepat kita bisa langsung switch dengan teknik lainnya untuk melewati lawan," ujar coach Dimaz.

Perhatikan Gerakan Defender
Melakukan crossover itu nggak bisa sembarangan. Karena bisa jadi blunder. Sebagai pemain dalam posisi menyerang, kalian juga harus bisa membaca pergerakan tim lawan yang sedang bertahan.

Contohnya ketika posisi tangan defender berada di bawah. Jangan pakai crossover, presentase bola dicuri akan lebih besar. "Ketika lawan membuka tangan, baru kalian pakai teknik crossover," jelas coach Dimaz.

Nah, untuk pembahasan selengkapnya kalian bisa tonton video berikut ini ya!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY