ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ilustrasi makanan sehat (source: runtastic.com)

Selain rutin berolahraga, asupan asupan makanan yang sehat juga harus. Apalagi, kalau olahraga yang menguras banyak tenaga seperti lari. Yaps, meski lari terlihat simpel, boleh jadi energi yang dikeluarkan justru lebih ekstra.

Selain fisik yang harus dalam kondisi baik, kamu juga harus memilih makanan sehat agar kamu bisa optimal dalam berlari. Nah, coba deh rutin konsumsi makanan berikut ini biar performa lari kamu meningkat!

1. Pisang

(source: Livescience.com)

Buah yang satu ini memang nggak boleh terlupakan. Selain memiliki karbohidrat yang tinggi, pisang juga mengandung takaran kalium sehat (sekitar 400 mg).

Hal ini sangat penting, terutama untuk lari jarak jauh dalam kondisi cuaca panas, yang banyak mengeluarkan keringat, sehingga kehilangan banyak mineral dari dalam tubuh. Cocok banget nih konsumsi pisang sebelum lari.

2. Cokelat Hitam

(source: USA Today)

Nggak perlu heran kalau cokelat masuk daftar makanan yang baik untuk para pelari. Tapi bukan cokelat sembarangan ya. Kamu boleh konsumsi cokelat  hitam dengan takaran 70 persen kakao. Jadi, bukan cokelat yang banyak gulanya.

Cokelat sendiri dapat menurunkan tekanan darah. Dua atau tiga kotak cokelat sehari sudah cukup. Apalagi dikombinasikan dengan kacang, bisa meningkatkan meningkatkan mood kamu terutama pada saat sore hari.

3. Kentang

(source: better nutrition)

Sama seperti pisang, kentang juga kaya akan kalium. Kentang ini bisa jadi makanan pokok buat pelari. Cocok juga sebagai pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat.

Yang perlu kamu ketahui lagi, satu buah kentang ukuran besar dapat memenuhi total kebutuhan vitamin A kamu loh. Tentu vitamin ini bekerja sebagai antioksidan. Serta meningkatkan sistem kekebalan kamu.

4. Semangka

(source: runners world)

Selama berlari, pasti kalian akan sering kehilangan cairan dalam tubuh. Semangka sendiri cocok buat "menambal" cairan yang hilang. Sebab, semangka memiliki sedikit kalori dan mengandung 91 persen air di dalamnya.

Selain itu, semangka juga memproduksi oksida nitrat yang dapat menunda kelelahan saat berolahraga dan meredakan nyeri otot. Bisa jadi opsi asupan air selain air mineral.

So, kalian merasa siap buat berlari jarak jauh? Uji kemampuan lari kalian di AZA Virtual Run dan dapatkan medali khusus dari AZA Virtual Run serta e-certificate dan pastinya voucher belanja produk eksklusif activewear AZA. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY