ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Lari menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan fisik saat di rumah selain melakukan workout. Meski terlihat simpel, namun ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan agar larimu bisa optimal loh! Apa aja sih?

1. Wajib Pemanasan

Pemanasan adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membuat tubuhmu siap saat akan berolahraga. Bahkan, potensi cedera bisa semakin besar kalau kamu melewatkan fase pembuka ini loh! Nah biar pemanasanmu optimal, Yuk lakuin Pemanasan Selama Lima Menit yang Bikin Kamu Nggak Kram Waktu Lari ini!

2. Hindari Makan Besar

Makan besar merupakan salah satu cara manusia mengisi "bensin"nya. Umumnya dilakukan pada sarapan, makan siang, dan makan malam dengan menu yang lengkap. Nasi beserta lauk pauknya.

Nah sangat disarankan untuk menghindari makan besar dua jam sebelum lari. Hal ini dikarenakan pencernaanmu sedang melakukan proses pencernaan. Jika kamu berlari dengan kondisi pencernaan yang aktif, yang ada perutmu kram loh!

Nah buat penggantinya, kamu bisa Konsumsi Makanan ini Biar Makin Optimal Saat Lari.

3. Tubuh Wajib Terhidrasi

Pernah nggak sih saat baru lari beberapa meter rasanya seperti kekurangan cairan dan sangat haus? Nah besar kemungkinan kamu kurang terhidrasi dengan maksimal.

Nah menurut Dr. Martha Pyron, MD dari Medicine in Motion hal ini punya dampak yang sangat besar loh. Mulai membuat kamu pusing, linglung, hingga membuat kamu pingsan! 

Nah, selain wajib mengkonsumsi dua liter air sehari, nggak ada salahnya untuk membawa bekal air mineral saat akan berlari. Sehingga, ketika merasa tubuhmu kurang cairan, kamu bisa langsung mengkonsumsinya.

Ingat, jangan langsung mengonsumi dalam jumlah yang besar ya. Usahakan mengkonsumsi cairannya satu sampai dua tegukan saja agar tubuhmu tidak kaget.

4. Kalau Pegal, Jangan Dipaksa Lari 

Kamu wajib tahu kondisi tubuhmu. Rest day adalah kunci keberhasilan dalam sebuah program latihan. Jika tubuhmu mengalami nyeri di beberapa bagian, sangat disarankan untuk istirahat satu sampai dua hari baru kembali melakukan olahraga.

Bukan tanpa alasan, jika kamu paksa, yang ada tubuhmu akan semakin lambat untuk me-recovery diri. Yang ada justru memperparah dan mengakibatkan cedera yang lebih akut. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS