ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Selama pandemi tentu kalian sudah mengalami banyak kebosanan kan? Nah, DBL Indonesia menghadirkan program yang baru nih buat kalian. Benar-benar baru! Pertama kali di Indonesia.

Program baru itu dijamin membuat kalian "ketagihan" olahraga. Lewat program baru itu, DBL Indonesia yang selama ini concern di bidang youth, sports, and entertainment terbesar di Indonesia ingin menggerakkan lebih banyak pelajar di Indonesia.

Program baru itu diberi nama DBL Play Skills Competition.

Apa itu DBL Play Skills Competition

Ini merupakan sebuah kompetisi yang menantang kalian, anak muda Indonesia untuk memamerkan talentanya dan menunjukkan konsistensimu dalam bermain basket.

Kerennya, program ini akan menggunakan platform aplikasi digital DBL Play, dengan pendekatan gamification.

CEO dan Founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengatakan, masa pandemi ini justru memberikan ide untuk memperluas cakupan DBL Indonesia. "Bila biasanya kami menggerakkan anak muda bermain basket lewat kompetisi di lapangan, kini kami bisa bertemu dengan lebih banyak lagi student athlete di seluruh pelosok negeri, bahkan di luar negeri, lewat platform digital,” ujar Azrul.

Azrul berharap kompetisi ini nantinya bisa menggerakkan lebih banyak anak muda Indonesia untuk berolahraga.

“Bukan hanya untuk mengembangkan skill mereka, bukan hanya untuk menemukan pemain-pemain terbaik Indonesia, tapi juga untuk tujuan yang lebih besar, yaitu untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh lewat olahraga. Sehingga anak muda Indonesia bisa lebih sehat, di masa menantang seperti sekarang, juga seterusnya,” jelas Azrul.

Program ini juga menjawab harapan banyak anak muda Indonesia yang menginginkan DBL Indonesia menjalankan kompetisi basket di daerahnya. Tak jarang kan kalian sering tanya, "Min, kapan DBL main di kotaku?"

Menurut Azrul, permintaan seperti itu tak terhitung lagi jumlahnya. "Banyak yang ingin agar DBL ada di Bengkulu, Batam, Ambon, dan masih banyak lagi dari seluruh Indonesia. Nah, program ini jawabannya. Sekarang, kami bisa melihat talenta basket dari seluruh daerah, tanpa terkecuali,” ujar Azrul.

DBL Play Skills Competition bisa diikuti seluruh atlet pelajar dengan kewarganegaraan Indonesia di manapun mereka berada. Baik yang sekolah di sekolah umum, atau yang homeschooling. Baik yang ada di berbagai wilayah pelosok Indonesia, bahkan yang ada di luar negeri.

Lanjut Azrul, selama ini banyak pemain basket pelajar yang tidak menyangka bahwa skill mereka itu level nasional. "Kami sering dibuat terkejut dengan yang seperti itu. Jadi, semoga program ini bisa membantu memberi wadah bagi lebih banyak anak muda Warga Negara Indonesia untuk mengejar mimpinya,” kata Azrul.

Baca Juga: Siapa yang Bisa Ikut dan Bagaimana Cara Daftar DBL Play Skills Competition?

DBL Play Skills Competition akan diselenggarakan secara digital di aplikasi DBL Play. DBL Indonesia akan memberikan berbagai tantangan terkait skills bermain basket kepada peserta.

Saat menjalankan tantangan, peserta diminta memvideokan dirinya, dan mengunggahnya ke aplikasi DBL Play. Tim DBL Indonesia kemudian akan menilai setiap unggahan dan memberikan poin serta berbagai tingkatan badge reward sesuai unggahan peserta.

Tantangan ini disusun bersama DBL Academy, akademi basket terbesar di Indonesia yang juga bagian dari DBL Indonesia. “Setiap misi kami pilih dan desain secara hati-hati, sehingga pemain terus tertantang,” ujar Erwin Triono, Basketball Director DBL Academy yang juga mantan pemain dan pelatih basket di liga profesional Indonesia.

Erwin menambahkan, di DBL Play pihaknya juga menyiapkan materi-materi latihan basket sesuai tantangan. Di mana materi latihan itu bisa ditonton pemain untuk meningkatkan skills-nya dan mengoleksi lebih banyak badge reward.

"Materi-materi yang kami susun di DBL Play Skills Competition ini berdasar pada kurikulum hasil kerjasama DBL Academy dengan World Basketball Association,” lanjutnya.

Baca juga: Biar Gak Bingung! Ini Pembagian Challenge DBL Play Skills Competition

Sementara itu, Masany Audri, Direktur DBL Indonesia menambahkan, program ini berupaya mendorong anak muda untuk terus bermain basket. “Oleh karena itu DBL Play akan menghadirkan leaderboard untuk menunjukkan peringkat seluruh pemain. Setiap waktu, pemain bisa saling geser posisi. Tidak ada posisi aman. Konsistensi berperan sangat penting untuk bisa terus masuk ke papan teratas,” katanya.

Kompetisi ini akan dimainkan secara nasional dan berdasarkan Conference (wilayah). Terdapat enam conference, yakni:

1. Northwest Conference (seluruh provinsi di Sumatera dan kepulauan sekitarnya).

2. North (seluruh Kalimantan).

3. Northeast (seluruh Sulawesi).

4. West (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat).

5. Central (Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, Bali).

6. East (NTB, NTT, Maluku, dan Papua).

Dari pembagian wilayah itu nantinya akan dipilih masing-masing lima pemain terbaik putra dan lima putri dari masing-masing leaderboard Conference. Plus diambil juga 20 pemain terbaik putra dan 20 putri dari leaderboard Nasional. mereka semua akan bertarung di babak Playoff. Jadi, total ada 50 pemain putra dan 50 putri yang akan berlaga di Playoff.

Baca Juga: DBL Play Skills Competition Cari Lima Pemain Terbaik dari Enam Conference

“Di babak Playoff, level kompetisi akan meningkat karena kami akan mencari hanya sepuluh pemain putra dan sepuluh pemain putri terbaik di Indonesia. Mereka akan mendapatkan gelar DBL Play Elites Players dan membawa pulang medali emas Elite Players,” jelas Masany. Para pemain terbaik ini juga akan mendapatkan hadiah uang tunai total puluhan juta Rupiah.

Pendaftaran DBL Play skills Competition dibuka 18 September 2020 melalui aplikasi DBL Play, yang dapat diunduh lewat Google Playstore dan AppStore. Mereka yang sudah memiliki aplikasi ini diminta untuk meng-update dengan versi terbaru agar bisa mengikuti kompetisi.

Baca Juga: Download dan Update DBL Play-mu, Sebelum Daftar DBL Play Skills Competition

Tantangan pertama akan mulai diberikan pada 16 Oktober 2020. Semakin awal mendaftar dan semakin konsisten menjalankan tantangan, peserta akan mendapatkan lebih banyak kesempatan memenangkan badge reward dan mengumpulkan poin untuk masuk leaderboard teratas.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY