ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Gimana guys, udah nonton episode terbaru dari Tricky Trick belum? Wah, kalau belum buruan deh nonton hanya di channel YouTube DBL Play. Soalnya, coach Dimaz Muharri dan Daniel Wenas ngasih trick terbarunya loh. Di episode terbaru Tricky Trick, Daniel Wenas memaparkan gimana cara membuka ruang unntuk mencetak poin dengan melakukan drill off dribble to shoot.

Pemain Bali United Basketball itu itu biasanya punya trick tersendiri. Hal pertama yang dijelaskan Wenas adalah triple threat. Dalam basket, gerakan ini merupakan cara mengancam sisi pertahanan lawan. Biasanya, nominator MVP IBL musim lalu itu melihat reaksi defender ketika ia melakukan gerakan ini.

Setelah melihat reaksi lawan, segera ambil keputusan. “Lakukan fake shoot, lihat arah kaki lawan, kalau ada celah, tembus dengan dribble lalu selesaikan dengan shoot,” ucap Wenas. Lalu yang kedua adalah dengan posisi off dribble. Ketika melakukan gerakan ini, pemain berusia 28 tahun itu bergerak secara efisien.

Tidak banyak melakukan gerakan, tapi jelas visinya. “Gue nggak ngelakuin gerakan yang macam-macam. Gue melakukan gerakan, buat memancing reaksi lawan,” timpal Wenas. Coach Dimaz sendiri juga menjelaskan, ketika melakukan off dribble to shoot ini para pemain harus punya gerakan fundamental.

Gerakan fundamentalnya yaitu cukup menggunakan one pound dribble saja. “Satu kali dribble, hit, akhiri dengan shoot,” kata coach Dimaz. Nah, yang nggak boleh terlupa adalah fundamental shoot. Yaitu badan mengahadap ke ring, bend your knee, dan follow through. Satu lagi bekal yang diberikan oleh Daniel Wenas. Yaitu jangan mudah terpancing oleh reaksi defender.

Biasanya, ketika kalian off dribble, lawan akan close out lalu mengarahkan kaki supaya offender terpancing dengan gerakannya. Jika itu terjadi, kalian harus bergerak ke arah sebaliknya. “Bergeraklah ke sisi kaki lain defender, dengan begitu lawan akan telah melakukan recover,” cetus Wenas.

Nah, biar kalian bisa hebat kayak Daniel Wenas, coba simak video soal off dribble to shoot Tricky Trick selengkapnya hanya di kanal YouTube DBL Play di bawah ini! (*)

Pelajari Juga Tricky Tricky Lainnya: 

Belajar Movement Basket dari Daniel Wenas, Bikin Kalian Makin Jago di Lapangan

Lakukan Trick Jitu Ini, Dijamin Bisa Gagalkan Pick and Roll Lawan

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY