ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Partai final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series bukan hanya didambakan Abas Jakarta. Tak hanya ditunggu oleh alumnus-alumnus sekolah mentereng Ibu Kota.

Melainkan dinantikan oleh semua warga kota metropolitan itu. Mulai dari guru, pelatih, pelajar non Abas, hingga masyarakat umum siap meramaikan. 

Pertama, ini karena final DBL Jakarta akan diselenggarakan di Indonesia Arena, Jumat, 17 November 2023. Stadion Indoor terbesar dan termegah yang ada di kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

FIBA World Cup 2023 pun pernah main di sini. Kedua, ini pertama kalinya final DBL DKI Jakarta Series diselenggarakan di venue berstandar internasional. Dengan kapasitas lebih dari 16.500 penonton. 

Kabar digelarnya final DBL Jakarta di Indonesia Arena rupanya menarik student athlete lintas cabor (cabang olahraga). Khususnya adalah atletik. 

Peserta dan juara kompetisi SAC Indonesia -liga atletik yang juga dikelola oleh DBL Indonesia- menunjukkan minatnya untuk Nobar (nonton bareng) final DBL Jakarta itu. 

Salah satu peserta SAC yang akan menonton final DBL Jakarta di Indonesia Arena adalah Uqbah Abduh Salim. Siswa SMAN 7 Jakarta tersebut mengaku ingin merasakan atmosfer keseruan liga pelajar di venue kelas dunia.

Apalagi, Uqbah sempat menonton FIBA World Cup 2023 saat Kanada kontra Prancis, pada Agustus lalu. 

Baca Juga: Keren! Final DBL Jakarta Digelar di Indonesia Arena

"FIBA kan seru banget. Jadi penasaran yang DBL gimana. Ini juga pertama kalinya nonton pertandingan DBL, dan langsung di Indonesia Arena. Pengen cepat-cepat buat nonton anak-anak muda Jakarta yang berprestasi main di sana," kata Uqbah.

Juara SAC dari Tzu Chi PIK School, Audrey Wang Alam Wibowo, juga telah bersiap untuk menonton final DBL DKI Jakarta Series di Indonesia Arena. Berbeda dengan Uqbah, alasannya bukan hanya karena final DBL Jakarta digelar di venue basket termegah.

Lebih dari itu, Audrey merasa bangga melihat student athlete DBL berlaga di depan ribuan penonton nantinya.

"Dengan adanya pertandingan ini, artinya ada support besar untuk pelajar Indonesia di basket, di mana mereka bisa lebih termotivasi untuk membawa karier sebagai pemain basket profesional, dan bisa saja membawa basket Indonesia ke jenjang lebih tinggi lagi," kata Audrey. 

Baca juga: Indonesia Arena: Stadion Indoor Baru Kebanggaan Indonesia

Audrey juga mengaku ingin memanfaatkan momen ini untuk mendukung teman-temannya dari sekolah lain yang bersaing di partai final. Terutama sektor putri. Yang mempertemukan SMA Jubilee Jakarta dan SMAN 70 Jakarta.

"Sebenarnya saya juga main basket di klub. Karena sekolah (Tzu Chi PIK School) sampai saat ini belum gabung DBL. Nah, di final ini saya mau nonton teman satu klub yang memang udah join di DBL," lanjut Audrey. 

Adapun final sektor putri kali ini adalah final ulangan musim lalu. Juara bertahan dua season terakhir, SMAN 70 Jakarta akan berjuang mempertahankan dominasi mereka melawan SMA Jubilee Jakarta. Phoenix (sebutan Jubilee) dalam perjalanannya untuk menggulingkan hegemoni Bulungan (SMAN 70). 

Baca Juga: Jubilee Penuhi Slot Final DBL Jakarta di Indonesia Arena!

Jika Audrey tertarik dengan final sektor putri, berbeda dengan Hafiizh Noor Kariim. Juara SAC dari SMAN 91 Jakarta itu ingin menyaksikan babak puncak untuk kategori putra. 

Di sektor putra, Phoneix adalah juara bertahan. Mereka akan menghadapi lawan yang sama di musim lalu, yakni SMA Bukit Sion Jakarta (Buksi). Phoenix adalah kekuatan baru di dunia basket SMA Jakarta.

Sebaliknya, Buksi punya sejarah dan tradisi juara panjang di gelaran Honda DBL sebelumnya. Musim lalu, Phoenix berhasil menggagalkan upaya Buksi meraih gelar keempat.

"Yang bikin seru nggak hanya lokasi finalnya, tapi juga tim-tim yang akan bersaing besok ini. Venue-nya bagus, sekolah yang masuk final juga termasuk yang terkuat di basket Jakarta. Nggak sabar banget," kata Hafizh. 

Baca juga Sudahi Kanisius, Buksi Melaju ke Final DBL Jakarta di Indonesia Arena!

Hafizh menyebut bahwa dirinya tak terlalu mengenal basket. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, liga basket DBL di Jakarta sukses mendekatkan olahraga tersebut pada pelajar non Abas. Salah satu caranya dengan menggelar final DBL Jakarta di Indonesia Arena.

"Semoga DBL bisa mengadakan event-event besar lainnya. Apalagi dengan melibatkan anak muda Jakarta," kata Hafizh. 

Saat ini, tiket Final DBL Jakarta di Indonesia Arena masih tersedia. Seluruh tiket Final DBL Jakarta di Indonesia Arena bisa dibeli melalui aplikasi DBL Play.

Babak penyisihan Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series sendiri bakal digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro pada 2 hingga 8 November 2023.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY