ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Satu musim Honda DBL with Kopi Good Day telah berlalu. Digelar sejak 21 Juli 2023 di kota kelahiran DBL Indonesia, yaitu Surabaya, Jawa Timur. DBL telah menyelesaikan kompetisi hingga ke Tanah Papua.

Total ada 30 kota di 22 provinsi Indonesia yang kini terjamah panggung DBL. Jutaan penonton, ribuan peserta, dan ratusan juara lahir dari Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024.

Angka-angka itu memantik rasa penasaran netizen akan meriahnya kompetisi DBL di seluruh kota. Terutama bagi tim-tim yang lahir sebagai juara di Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024.

Baca juga: Kaleidoskop: Memori di DBL yang Wajib Diwartakan

Selama satu musim berjalan, tim DBL Play telah mengumpulkan data sekolah yang paling banyak dicari dan dikunjungi oleh netizen lewat aplikasi DBL Play maupun website DBL.id.

Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah yang langganan ikut DBL di kotanya masing-masing. Tak hanya itu, mereka juga kerap lolos ke babak final DBL.

SMA St Louis 1 Surabaya

Kebolehan Sinlui menari di panggung DBL begitu menyita perhatian netizen Indonesia. Sinlui menempati urutan teratas sebagai sekolah yang banyak dicari di DBL Play dengan 14,262 kunjungan (views) selama satu musim.

Keberhasilan Sinlui menjadi juara di DBL Surabaya dan DBL Jawa Timur menjadi salah satu alasan mengapa sekolah yang terletak di Jalan Polisi Istimewa No 7, Surabaya, Jawa Timur ini, begitu menarik perhatian netizen.

Baca juga: Kaleidoskop: Daftar Sekolah Sukses Kawinkan Gelar Honda DBL with Kopi Good Day

Secara historis, Sinlui memang menjadi tim yang paling banyak mengantongi gelar juara di DBL Jawa Timur. Tak heran, nama mereka begitu santer di tengah masyarakat Indonesia.

SMA Gloria 1 Surabaya 

Tim putra dan putri SMA Gloria 1 Surabaya berhasil lolos ke final DBL Jawa Timur di musim ini. Keberhasilan itu selaras dengan catatan di DBL Play bahwa Gloria menjadi sekolah yang paling banyak dicari atau dikunjungi dengan 8,028 kunjungan.

Di Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 ini, tim putri Gloria juga berhasil menggenapkan gelar juara keempat secara beruntun. Menyusul keberhasilan tim putranya yang juga lolos ke babak Final lagi di musim ini.

Baca juga: Kaleidoskop: 17 Sekolah DBL Ternyata Juga Beprestasi di SAC

Prestasi itu pula yang membuat Gloria banyak dicari oleh netizen Indonesia melalui aplikasi DBL Play atau website DBL.id.

SMA Jubilee Jakarta 

SMA Jubilee Jakarta menjadi poros kekuatan baru di Ibu Kota. Pasalnya, selama berpartisipasi di DBL Jakarta sejak tahun 2018, baru di tahun 2022 penggawa Jubilee lolos ke final. Di tahun 2023, Jubilee berhasil mengulang prestasi mereka dengan kembali ke final.

Menariknya, di tahun 2023 ini, Jubilee mendapat kesempatan berlaga di Indonesia Arena. Tak hanya itu, tahun 2023 ini juga merupakan tahun kedua bagi tim putri mereka berpartisipasi di DBL Jakarta.

Baca juga: SMA Jubilee Jakarta, Seperti Apa Sih Sekolahnya?

Hal itu yang membuat netizen Indonesia penasaran akan sepak terjang Jubilee. Yang membuat Jubilee menjadi salah satu sekolah yang paling banyak dicari di DBL Play dengan total 7,563 kunjungan dalam satu musim.

Yap. Jubilee bagai pemberi kejutan beruntun selama satu musim. Tahun kedua bagi tim putri, mereka kembali berhasil lolos ke final. Sementara tim putra Jubilee berhasil mempertahankan gelar juara (back-to-back champion) DBL Jakarta.

SMA Bukit Sion Jakarta

Siapa tak kenal SMA Bukit Sion Jakarta? Mereka adalah pemegang gelar juara terbanyak di DBL Jakarta. Buksi telah mengantongi 5 trofi juara DBL Jakarta.

Di tahun 2023, Buksi kembali menunjukan tren positif sebagai salah satu tim kuat di DBL Jakarta. Mereka kembali lolos ke final. Menariknya, deretan pemain mereka kini didominasi oleh pemain kelas X atau rookie.

Baca juga: 'For Enrichia', Mantra Penuh Filosofis Milik Efrael Yerusyalom

Bahkan, pemain kelas X ini tampil menyala di Final DBL Jakarta yang digelar di Indonesia Arena pada November lalu. Efrael Yerusyalom dan Riovaldo Renjiro adalah dua nama rookie Buksi yang begitu gemilang di lapangan.

Kepiawaian rookie Buksi dalam mengolah bola di lapangan membuat khalayak penasaran dengan perjalanan Buksi selama di DBL Jakarta. Terhitung, Buksi jadi sekolah paling banyak dicari oleh netizen dengan 6,126 kunjungan.

SMAN 2 Surabaya

Kehadiran SMAN 2 Surabaya memberikan warna tersendiri dalam persaingan di DBL Surabaya. Tak hanya kebolehan pemain mereka di lapangan. Melainkan juga suporter militan mereka (Arek Smada) yang selalu menyajikan koreo menarik di bangku tribun.

Dapat dipastikan bahwa DBL Arena tak pernah sepi dari dukungan Arek Smada ketika tim basketnya bertanding. Hal itu pula yang membuat Smada begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kesatria Naga Arek Smada, Gambaran Basket Smada Hanguskan Castle

Smada menjadi salah satu sekolah yang paling banyak dicari di DBL Play dengan 5,793 kunjungan. Solidaritas suporter, prestasi tim, hingga cerita-cerita menarik dari mereka menjadi pemantik rasa penasaran netizen Indonesia.

*Kaleidoskop DBL 2023-2024 adalah kumpulan peristiwa atau kejadian selama Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 berlangsung. Lihat ulasan Kaleidoskop DBL 2023-2024 lainnya di halaman ini. 

*seluruh data dihimpun oleh tim redaksi DBL Indonesia dari 21 Juli 2023 hingga 3 Februari 2024.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY