ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Meraih back to back champion pada musim lalu menjadi motivasi tersendiri bagi Nyoman Ayu. Siswa SMAN 1 Mataram ini menegaskan bahwa target utamanya di musim baru nanti adalah meraih gelar juara.

Oleh karenanya, DBL Play Skills Competition menjadi salah satu cara pemanasan sebelum berkompetisi. Terlebih selama pandemi ini dia hanya melakukan latihan dengan intensitas yang lebih rendah dibanding sebelum-sebelumnya.

"Apalagi yang kelas XII ada kemungkinan nggak ikut karena berdekatan dengan ujian akhir. Makanya skuad yang tersisa harus siap all out untuk menjaga gelar," ungkapnya.

Selama pandemi ini dia melakukan latihan imajiner shooting dengan media tembok sebagai target. Ayu memasang sebuah marker dengan ukuran tinggi sesuai dengan ring basket.

Dalam latihan tersebut, dara yang berulangtahun pada 21 Oktober mendatang ini benar-benar memperhatikan BEEF (Balance, Elbow, Eyes, dan Follow Through). Hal ini dikarenakan empat aspek ini dapat meningkatkan akurasi shooting dengan lebih baik, asalkan dilakukan dengan benar.

"Kalau follow through, misalnya. Rilis bola harus pakai jari terus tangan juga membentuk kepala angsa biar spin bolanya nggak ke mana-mana. Efeknya bola juga akan lurus sesuai dengan yang kita inginkan," tambahnya.

Untuk masalah fisik, tim SMAN 1 Mataram yang sudah mulai latihan bersama memanfaatkan pantai untuk memperkuat ototnya. Biasanya mereka melakukan jogging serta beberapa penguatan otot kaki dan lengan agar gerakan mereka semakin maksimal.

Ayu lantas menjelaskan bahwa khusus untuk DBL Play Skills Competition, dia tidak akan asal 'pemanasan' untuk DBL. Pasalnya, dia memiliki sebuah target yang ingin diraih.  "Aku ingin jadi DBL Play Elites Player pertama di kompetisi ini. Makanya aku makin semangat buat latihan meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang," tegasnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)