ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putri SMAN 1 Muara Enim saat juara DBL 2021 South Sumatera Series (DBL Indonesia)

SMAN 1 Muara Enim dikenal punya aturan tersendiri mengenai asupan nutrisi dari para pemainnya. Ternyata, aturan itu bukan hanya dilakukan menjelang kompetisi saja. Namun, pelatih Tembesu (julukan SMAN 1), Rahmad Putra juga menyiasati asupan para pemainnya selama menjalani bulan Ramadan ini.

Sebab, selama puasa, mereka juga tetap berlatih, meskipun dengan intensitas yang lebih ringan. “Pastinya anak-anak jangan sampai dehidrasi, makanya kita latihan mendekati buka puasa,” ucapnya.

Para pemain dianjurkan mengonsumsi makanan yang berserat ketika berbuka. Seperti buah, jus, atau smooties. Untuk macam buahnya sendiri dibebaskan. Bisa berupa kurma, pisang, semangka maupun melon.

Tim putri SMAN 1 Muara Enim ketika jadi juara DBL 2021 South Sumatera Series (DBL Indonesia)

“Buah menyediakan sumber gula natural untuk mengganti cadangan energi mereka. Buah juga mengandung air, vitamin dan mineral yang baik buat tubuh,” tuturnya. Untuk makan besar, pelatih berusia 28 tahun itu juga menyarankan pemainnya untuk mengonsumsi makanan yang bergizi.

“Mereka boleh makan dengan menu seperti sup daging, pasta dengan kacang-kacangan dan juga sayuran,” timpalnya. Bukan hanya rewel soal makanan saja. Tapi, coach Rahmad mewajibkan pemainnya mengonsumsi air mineral yang cukup.

Baca Juga: Atur Nutrisi, Larang Pemain Minum Es dan Ngemil Makanan Ber-"Micin"

Yaitu dengan minimal takaran dua liter atau setara 8 sampai 9 gelas per hari. “Tinggal mereka atur, mulai dari buka sampai sahur,” imbuhnya. Selain itu, coach Rahmad juga mengingatkan, supaya para pemainnya ini nggak banyak mengonsumsi makanan berminyak. “Gorengan kalau bisa dihindari,” cuapnya.

Semua itu ia lakukan dalam upaya menjaga pemainnya tetap bugar dan fit selama berpuasa. Apalagi menurutnya, komposisi tubuh atlet mengalami penurunan indeks massa tubuh selama Ramadan. “Kalau energi yang dikeluarin tidak sesuai dengan asupan. Nanti takutnya berujung kelelahan, bahayanya bisa sakit,” terangnya. (*)

Baca Juga Cerita Ramadan Lainnya:

Cerita Ramadan: Smandala Kembali Adakan Tradisi Bukber Bareng Alumni

Tetap Geber Latihan Pas Puasa, Ini Rahasia Abil Biar Selalu Fit

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY