ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Gusti Nabela Sofa menjadi salah satu pemain kunci dari Smama (sebutan SMAN 1 Martapura) dalam ajang Honda DBL with KFC 2022 South Kalimantan Series.

Pada tahun pertamanya membela Smama di ajang DBL Kalimantan Selatan, pemain yang akrab disapa Abel tersebut menunjukkan catatan gemilang dari lembar statistik. Bermain selama dua gim ia total mencetak 30 poin. Sayang, langkahnya bersama Smama harus terhenti di fase Fantastic Four.

Pun demikian, namanya masuk dalam skuad KFC First Team seri Kalimantan Selatan yang nantinya akan berangkat menuju KFC DBL Camp pada bulan Mei 2023 mendatang. Tentu pengalaman menjajal KFC DBL Camp menjadi pengalaman pertama baginya. Persiapan matang dan tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari cedera benar-benar ia terapkan.

Baca juga: Ambisi Besar Gusti Nabela Ingin Buktikan Smama Layak Jadi Ancaman

“Aku sempat kena cedera ankle dan itu berimbas sampai sekarang. Kadang-kadang masih sakit walaupun jarang banget kambuh,” ujarnya. Cedera tersebut ia dapat ketika sedang melakukan uji coba lapangan untuk event Porprov, “Waktu itu ada event Porprov, terus ada jadwal uji coba lapangan sebelum H-2 tanding. Nah itu aku kena cedera aknle kaki kanan. Sedih banget sampai nangis,” terangnya.

Untuk menjaga agar terhindar dari kambuhnya cedera ankle, Abel berbagi tips untuk meminimalisir cederanya kambuh dan terhindar dari cedera ankle. “Biasanya sebelum latihan aku penguatan kaki dulu,” ungkapnya. Selain itu, Abel menekankan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai latihan.

Baca juga: 8 Gerakan Pemanasan Sebelum Main Basket, Mana Favoritmu?

“Sebelum latihan itu wajib banget pemanasan, itu bisa meminimalisir cedera apalagi ankle. Sama kalau bisa waktu di rumah sempetin buat latihan otot kaki pakai resistance band. Selesai latihan juga wajib banget buat pendinginan, supaya badan kita kembali normal dan itu juga berpengaruh buat meminimalisir keram,” tandasnya.

Pemanasan sebelum latihan serta melakukan pendinginan setelah latihan adalah kegiatan yang direkomendasikan oleh Abel untuk menjaga tubuh dari cedera. Selain itu, menyempatkan latihan memperkuat otot kaki di rumah juga sangat penting untuk terhindar dari cedera ankle.(*)

Baca juga: 3 Rekomendasi Kuliner Khas Padang dari MVP DBL Padang

Statistik pemain bisa dilihat di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap) atau klik di sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY