ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

DBL Indonesia tiada henti. Tak ada yang bisa membatasi. Inovasi segar selalu dilakukan di setiap tahunnya. Di tahun 2023 ini, DBL Indonesia berhasil menggelar Final DBL Jakarta di Indonesia Arena pada Bulan November 2023 lalu.

Mungkin rumor-rumor mengenai Final DBL Jakarta di Indonesia Arena ini sudah tercium oleh khalayak jauh sebelum Bulan November datang. Hingga akhirnya terealisasi, perjalanan dan perjuangannya memang tidak main-main. Apalagi persiapannya.

Baca juga: Multiverse of DBL 2023: Oktober yang Menyenangkan...

Namun, Indonesia Arena bukanlah puncak dari inovasi DBL Indonesia. Melainkan awal dari segalanya. Dari hal-hal yang belum diraih di tahun 2023 ini, dari tantangan yang diberikan oleh seluruh stakeholder, juga dari harapan DBL Indonesia untuk menyentuh setiap wilayah di Indonesia untuk menyelenggarakan pertandingan (Honda DBL).

Begitu pula hal yang terjadi di Bulan November 2023 lalu. Indonesia Arena bukanlah puncak dari segalanya. Ada enam universe yang berlangsung di Bulan November 2023 lalu. Di antaranya Manado, Jakarta Championship Series, Aceh, Pontianak, Bandung, dan Bogor.

Baca juga: Multiverse of DBL 2023: Akhiri Puasa Gelar dan Revans Manis Bulan September

Dari universe Manado, SMA Eben Haezar Manado menjadi penguasa. Mereka berhasil mengawinkan gelar di universe-nya. Bersamaan dengan itu, universe Jakarta juga berhasil melahirkan nama-nama tim yang dipastikan melantai di Indonesia Arena pertama kali.

Dari sisi putri, ada SMA Jubilee Jakarta dan SMAN 70 Jakarta. Sementara dari nomor putra, SMA Jubilee Jakarta melawan SMA Bukit Sion Jakarta. Sejatinya, pertandingan Final DBL Jakarta di Indonesia Arena ini merupakan ulangan dari final tahun 2022 lalu.

Dari universe lain, yakni Aceh dan Pontianak, juga mencapai puncak perjalanan mereka. SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh berhasil mengukir kembali sejarah kemenangannya. Menyusul kemenangan perdana tim putri SMAN 1 Langsa di DBL Aceh.

Baca juga: Multiverse of DBL 2023: Juara Baru dan Perpanjang Meterai Kekuasaan di September

Sementara SMA Santu Petrus masih mendominasi di Pontianak. Mereka mengawinkan gelar di tahun ini. Perjalanan dan perjuangan tim di Pontianak juga terjadi di pusat Jakarta kala itu. Megahnya Indonesia Arena siap menyambut empat tim.

Persiapan tim yang bertanding di Indonesia Arena sendiri terbilang tidak main-main. Mereka dipastikan bakal mencetak sejarah di DBL pertama kali. Juga di Indonesia.

Baca juga: Multiverse of DBL 2023: Tiga Universe Sukses Kawin Gelar di Bulan Agustus

Benar saja. Sejarah bagi DBL, sejarah bagi Jakarta, sejarah untuk Indonesia. Putri SMAN 70 Jakarta akhirnya berhasil meraih three peat pertama kali. Sementara putra SMA Jubilee Jakarta sukses membungkam Buksi lewat tembakan dramatis di 12 detik akhir pertandingan.

Seperti kalimat pertama pada tulisan ini. Indonesia Arena bukanlah akhir dari segalanya. Perayaan itu tuntas. Indonesia Arena megah, penuh, mewah. Sama dengan langkah pertama dari universe Bandung dan Bogor.

Usainya kisah-kisah menyenangkan dari Indonesia Arena, universe Bandung dan Bogor mulai mengukir cerita mereka. GOR Padjajaran Bandung dan GOR Padjajaran Bogor menjadi saksi bagaimana keringat seluruh partisipan menjadi bukti perjuangan mereka mengejar gelar juara.

Baca juga: Multiverse of DBL 2023: Misi Jaga Takhta dan Ambisi Juara di Bulan Agustus

Di universe Bandung, SMA BPK Penabur Cirebon menjadi penguasa. Disusul oleh tim putri Global Prestasi School dan tim putra SMAN 5 Bogor yang meraih gelar juara di Bogor.

Finalis dari Bandung dan Bogor itu kembali bersua di DBL Jawa Barat. Mereka bersaing untuk membuktikan siapa tim paling kuat di DBL Jawa Barat. (*)

*Multiverse of DBL 2023 adalah rangkuman dari perjalanan Honda DBL with Kopi Good Day di tahun 2023. Lihat ulasan Multiverse of DBL 2023 selengkapnya di sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY