ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Setelah para tim dance meramaikan panggung DBL Dance Competition 2023 seri Surabaya, bertepatan dengan berjalannya babak Sweet Sixteen Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region, kini tiba saatnya pengumuman 10 tim terbaik.

Seluruh tim yang terpilih tentu sudah melewati berbagai penilaian dan penyaringan ketat. Dengan memperhatikan aspek penilaian, utamanya korelasi dengan tema FYP, yakni Fun, Youthful, dan Popular.

Konsep mendalam yang mereka usung dipadukan dengan kostum yang tak kalah meriah berhasil membawa mereka menyandang gelar Top 10 DBL Dance Competition 2023 seri Surabaya. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut rangkumannya.

SMA Petra 1 Surabaya

Dance SMA Petra 1 Surabaya

X-Change -sebutan untuk tim dance SMA Petra 1 Surabaya- selalu menyita perhatian para penonton yang hadir di DBL Arena kala mendampingi tim basketnya berlaga. Hadir dengan kostum atasan putih polos dipadukan dengan bawahan yang kombinasi hijau, merah muda, dan perak membuat aksi mereka terlihat nyentrik.

Adapun tema yang dibawakan oleh X-Change membahas soal kelakuan generasi saat ini, atau yang kerap disebut sebagai atau Gen Z. Di mana mereka begitu kecanduan bermain gadget. X-Change di sini bermaksud memberikan pesan agar anak muda lebih bijak dalam menggunakan gadget dan media sosial akan tidak terjebak dalam hal negatif.

Baca Juga: T-Dos Siap Sebelum Fajar, X-Change Buktikan Gen Z Bisa Berkarya

SMA JAC Surabaya

Dance SMA JAC Surabaya

Menjadi tim dance independen dalam gelaran DBL Dance Competition 2023 seri Surabaya rupanya bukan menjadi halangan bagi tim dance SMA JAC Surabaya untuk tetap unjuk aksinya musim ini. Bahkan mereka antusias menjalani latihan demi memberikan performa terbaiknya.

Tim dance JAC mengemas tema FYP dengan berbagai hal yang ‘anak muda banget’. Di mana mencerminkan kehidupan Gen Z saat ini yang begitu up to date dan peka terhadap tren yang terjadi di sekitar.

Baca Juga: Cerita 'FYP': Jadi Tim Dance Independen, SMA JAC Siap Buat Penonton Terkesima

SMA St. Louis 1 Surabaya (Pendamping Putra)

Dance Sinlui (Pendamping Putra)

Unik dan inovatif. Terdapat pengemasan tema FYP yang sedikit berbeda dari Clique Dance -sebutan tim dance SMA St. Louis 1 Surabaya. Mereka justru memulai aksinya dengan nuansa 1960-an. Sebagaimana menggunakan kostum kebaya dan batik sebagai pakaian sehari-hari.

Menariknya, dalam aksi Clique Dance juga terdapat pigora besar yang dijadikan sebagai transisi menuju era modern. Di mana terdapat perbedaan yang begitu signifikan mulai dari perkembangan outfit hingga kegiatan sehari-hari. 

SMA Santa Maria Surabaya

Dance SMA Santa Maria Surabaya

Santa Maria Dance Crew -sebutan tim dance SMA Santa Maria Surabay-, tampil meriah di DBL Dance Competition 2023 seri Surabaya. Setelah hiatus selama kurang lebih 6 tahun, mereka akhirnya menemani skuad basket sekolah beraksi di Honda DBL with Kopi Good Day East Java Series-North Region.

Meski nervous tampil perdana, SMDC berhasil membuat penonton takjub dengan aksi yang full power. Tak berhenti di situ, penonton juga dimanjakan dengan konsep dari SMDC yang membawakan tema Jumanji lengkap kostum serta properti bernuansa jungle.

Baca Juga: Tampil Berani Bawakan Konsep 'Jumanji', Santa Maria Dance Crew Pukau DBL Arena!

SMA Frateran Surabaya

Dance SMA Frateran Surabaya

Dengan kostum serba blink-blink bewarna ungu dan oranye, serta berdandan layaknya pantomim tentu membuat penonton penasaran sekaligus kagum. Pasalnya aksi Fave -sebutan tim dance SMA Frateran Surabaya- begitu total. Meski persiapan begitu singkat, namun penampilannya patut diacungi jempol. 

Dalam aksi dan koreografinya, Fave menampilkan cerita dan perilaku anak muda yang suka bermain sosmed dan berusaha untuk memviralkan segala sesuatu. Namun, justru terkadang lupa akan apa itu norma dan kesopanan. 

Seperti halnya dalam koreografi mereka, di mana terdapat sosok anak yang asal merekam peristiwa kakek-nenek yang terjatuh dengan sepeda rusak miliknya. Dengan begitu, Fave mengajak anak muda jaman sekarang untuk tetap mengedepankan tata krama.

Baca Juga: Belum 100 Persen, Fave Tetap Memukau

SMAN 5 Surabaya

Dance SDC

Siapa sih yang nggak kenal dengan dengan salah satu TikTokers terkenal bernama Kak Jill? Seleb TikTok yang viral karena dagangan gorden lewat akun @Jill Gorden itu pasti sering muncul di laman FYP kalian. Nah, tim dance dari SMAN 5 Surabaya, Smala Dance Crew (SDC), rupanya terinspirasi sosok Kak Jill.

Sebanyak 12 orang member SDC tampil begitu antusias dan solid dengan kostum yang dikenakan. Selain itu, mereka memilih figur Kak Jill karena dinilai cukup menginspirasi banyak orang.

Baca Juga: Terinspirasi Kak Jill, SDC Tampil Nyentrik di Opening Party DBL Surabaya

SMAN 16 Surabaya

Dance Sixteen

Serba pink layaknya Barbie menjadi konsep utama yang dibawakan tim dance SMAN 16 Surabaya atau Sixteen Dance Squad (SDS). Dalam penampilannya, mereka memilih tema tersebut karena menganggap jika karakter Barbie sesuai dengan tema yang diberikan oleh DBL tahun ini, yaitu Fun, Youth and Popular (FYP).

Barbie sendiri begitu digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua. Barbie juga seperti wanita yang memiliki karakternya yang menyenangkan dan popular di lingkungannya. Itulah mengapa SDS beranggapan bahwa tema ini begitu cocok ditampilkan musim ini.

Baca Juga: Full Pink! Sixteen Dance Squad Adopsi Karakter Barbie

SMA Trimurti Surabaya

Dance Trimurti

Timberwolf -tim dance SMA Trimurti Surabaya- tak kalah memukau. Selain mendampingi tim basketnya berlaga, mereka juga berhasil menyihir ribuan pasang mata yang hadir di DBL Arena Surabaya. 

Sesuai dengan dengan tema DBL Dance Competition 2023, Timberwolf mengusung konsep kehidupan sosial dan generasi muda. Mereka menyuarakan ide anak muda lewat koreografi, soundtrack, dan kostum serba black-pink

Terdapat pesan tersirat di balik aksi gemilang. Timberwolf ingin anak muda jaman sekarang tetap aktif dan bergaul namun tetap mengedepankan sopan dan santun.

Baca Juga: Timberwolf Buktikan ‘Gen Z’ Tak Hanya Modal Gaul, Namun Juga Berprestasi

SMAN 6 Surabaya

Dance SMAN 6 Surabaya

Perjuangan peserta DBL Dance Competition 2023 seri Surabaya memang patut diacungi jempol. Meski harus survive dengan berbagai hambatan, jelang tampil di panggung DBL Arena, rupanya terdapat core memory yang tak terlupakan.

Kostum yang tak sesuai konsep awal dan hampir patah tulang menjadi salah satu hambatan yang mereka hadapi. Walau demikian, mereka tetap semangat dalam menyampaikan pesan lewat koreografinya.

Baca Juga: Hampir Patah Tulang, Sixers Dance One Blood Gak Patah Semangat!

SMA St. Louis 1 Surabaya (Pendamping Putri)

Dance Sinlui (Pendamping Putri)

Clique Dance -sebutan tim dance SMA St. Louis 1 Surabaya- berhasil memukau ratusan bahkan ribuan penonton DBL Arena. Mereka tampil menawan dengan salah satu konsep yang begitu lekat dengan anak muda jaman sekarang atau Gen Z.

Pada kesempatan ini, Clique Dance berperilaku sebagaimana keseharian dari Gen Z pada umumnya. Mulai dari gemar bermain gadget, hingga berbelanja online. Hal itu disimbolkan dengan beberapa properti yang mereka bawa. 

Pemilihan tema ini tentu bukan tanpa sebab. Clique Dance menyimpan pesan penting, di mana mereka mengajak para penonton untuk menikmati sisi positif dari media sosial, bukan hanya menghindari sisi negatifnya saja.

Baca Juga: Clique Tonjolkan Sisi Positif Gen Z

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY